visitaaponce.com

Yuk Ketahui dan Waspadai Ransomware Modern

Yuk Ketahui dan Waspadai Ransomware Modern
Ilustrasi(Freepik)

RANSOMWARE bukan lagi istilah yang baru di ranah teknologi. Sejak 8 sampai 11 Mei lalu, Bank Syariah Indonesia (BSI) dikabarkan menjadi salah satu korban taring serangan siber yang paling meresahkan itu.

Menurut Founder AwanPintar.id/CTO Prosperita Yudhi Kukuh, saat ini, ada ransomeware modern. 

“Ada developer, programmer ransomware, pihak lain yang membiayai operasional dan orang yang menyebarkan,” kata Yudhi di Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (25/7).

Baca juga : 20% Pengguna Komputer di Indonesia Jadi Korban Serangan Siber

Lebih lanjut, Yudhi menyampaikan bahwa ransomware lama hanya mengenkripsi sebuah data saja. Setelah itu, sesuai namanya sang pembuat pun akan meminta tebusan.

Berdasarkan olah data dari AwanPintar.id, selama Semester I 2023, telah terjadi 347.172.666 serangan siber di Indonesia. Dalam dua bulan terakhir terjadi lonjakan serangan yang signifikan, yaitu saat Ransomware LockBit merajalela di Indonesia. 

Sementara itu, menurut riset Verizon pada 2023, diketahui jumlah serangan Ransomware dalam dua tahun terakhir berjumlah lebih dari gabungan lima tahun sebelumnya. Ransomware menyumbang hampir satu dari empat (24%) metode serangan digital.

Baca juga : Cara Merekam Layar di Komputer Windows 10

Ransomware kini tidak hanya mengenkripsi, tetapi mereka juga mengeksfiltrasi data lalu meminta tebusan dalam pemerasan ganda dengan waktu yang terbatas, biasanya 72 jam untuk membayar uang tebusan.

Ancaman ransomware modern

Sebagai platform distributor dan vendor Software as a service (SaaS), Prosperita juga menawarkan AwanPintar.id sebuah cloud security engine karya anak bangsa yang bekerja mendeteksi ancaman yang masuk ke Indonesia dan dari lokal Indonesia. 

Layanan tersebut diklaim mampu memberikan peta gambaran sebuah serangan yang datang serta dilengkapi dengan kemampuan mendeteksi ancaman pada file, termasuk virus, malware, ransomware, trojan, dan spyware.

Baca juga : Zyrex Maveric AI dan Gaming Series Defenisi Ulang Standar Bisnis dan Dunia Gaming

Selain Awan pintar.id, publik juga bisa menggunakan solusi lainnya yaitu Safetica. Safetica menutup celah keamanan dari dalam perusahaan, dari kelalaian atau niat jahat manusia.

Solusi Safetica yang merupakan perangkat lunak untuk mencegah kehilangan data (Data Loss Prevention), membantu melindungi pengguna dari serangan ransomware dengan memantau aliran data dalam organisasi, Seperti informasi keuangan, data pribadi, dan kekayaan intelektual

“Safetica menyediakan solusi data loss prevention dengan platform on-prem dan cloud, dan proteksi terhadap ancaman dari dalam untuk membantu organisasi mengamankan data mereka dan memastikan memenuhi syarat kepatuhan (compliance), ” kata Safetica Regional Sales Director (CEE, MEA, APAO) Lubos Milan. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat