visitaaponce.com

Cara Buat Virtual Account yang Mudah untuk Menunjang Bisnis Anda

Cara Buat Virtual Account yang Mudah untuk Menunjang Bisnis Anda
( Freepik.com)

PERKEMBANGAN dunia digital membawa banyak perubahan pada semua bidang, termasuk dalam bisnis, penjualan dan alternatif pembayaran. Saat ini semakin banyak orang yang memilih membayar barang belanja maupun berbagai macam tagihan secara cashless. Karena itu tidak sedikit orang yang mencari tahu bagaimana cara buat virtual account untuk membantu proses pembayaran tersebut. 

Kemudahan sistem pembayaran tanpa harus membawa uang cash, proses yang cepat dan aman menjadi beberapa pertimbangan konsumen sehingga lebih memilih bertransaksi secara cashless. Dengan pembayaran cashless, pelanggan tidak perlu berlama-lama antri di kasir, atau keluar untuk mengambil uang di bank atau ATM sebelum melakukan pembayaran. 

Pengertian Virtual Account

Sistem pembayaran melalui ATM atau Anjungan Tunai Mandiri sudah lama dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Pembayaran dengan virtual account dan ATM mempunyai kesamaan, sama-sama diproses secara cashless. Namun jika akan membayar melalui ATM konsumen harus keluar rumah dan kadang perlu mengantri. 

Sedangkan jika menggunakan virtual account jauh lebih praktis. Pelanggan bisa melakukan transaksi kapan saja, cukup menggunakan aplikasi yang sudah diunduh di smartphone. Virtual account adalah cara pembayaran melalui akun yang sudah dipersiapkan untuk pelanggan. sistem pembayarannya melalui transaksi rekening bank yang bersifat sementara. 

Ketika pelanggan melakukan pemesanan produk, penjual akan memberikan nomor yang merupakan VA atau virtual account. VA ini yang nanti dimasukkan untuk menyelesaikan transaksi. Penjual akan mudah melakukan pelacakan siapa yang membayar pesanan karena setiap pelanggan mendapat VA yang unik dan berbeda. 

Cara Buat Virtual Account

kemudahan dalam bertransaksi menggunakan VA menjadikan sistem ini sebagai pilihan banyak pebisnis. Karena praktis, pebisnis akan cepat mengetahui dan memastikan pelanggan sudah menyelesaikan pembayaran sehingga bisa segera mengirim produk yang dipesannya. 

Cara untuk membuat virtual account juga tidak sulit. Ini menambah semakin banyak pebisnis yang memilih untuk menerima pembayaran dari pelanggan melalui virtual account. Namun sebelum membuatnya, Anda perlu menentukan dengan Perusahaan keuangan mana akan bekerja sama. 

Perusahaan keuangan tersebut berperan sebagai perantara yang akan menagihkan pembayaran dari pelanggan dan akan meneruskan kepada pebisnis. Agar lebih fleksibel, Anda bisa memilih perusahaan keuangan yang tidak mempunyai syarat pembayaran minimal sehingga berapa pun jumlah transaksi bisa diproses.  Proses untuk membuat virtual account cukup mudah, yaitu:

- Unduh aplikasi yang akan digunakan: saat ini hampir semua bank dan beberapa Perusahaan keuangan memberikan fasilitas sebagai media pembayaran secara virtual. Anda bisa memilih perusahaan yang terpercaya dan memberikan pelayanan cepat untuk membantu dalam pembayaran secara virtual yang dilakukan oleh pelanggan Anda.
- Pilih menu pembayaran: langkah selanjutnya, setelah membuka aplikasi, akan muncul berbagai fitur, pilih menu pembayaran untuk membuat virtual account yang untuk untuk pelanggan yang bertransaksi di bisnis yang Anda kelola.
- Pilih bayar: lanjutkan dengan memilih bayar untuk memberi instruksi pada aplikasi agar memproses langkah pembuatan virtual account.
- Tap pelanggan baru: setiap pelanggan akan mendapat kode untuk, agar sistem menerbitkan kode, Anda perlu menekan menu pelanggan baru
- Isi data dari pelanggan: isi semua data pelanggan yang melakukan pemesanan, jangan lupa untuk memastikan bahwa semua data tersebut sudah benar 
- Tap simpan: simpan data yang sudah dimasukkan dengan menekan 'simpan' yang muncul di layar
- Isi penerima dan nomor rekening Anda: berikutnya, sisi dengan penerima yaitu Anda atau nama perusahaan yang Anda jalankan, dan masukkan nomor rekening yang sebelumnya sudah disiapkan.
- Pilih metode pembayaran gunakan: masukkan nama Perusahaan keuangan yang menjadi mitra Anda dalam menerima pembayaran tersebut kemudian tap 'bayar'

Setelah semua proses tersebut dijalankan, akan muncul virtual account dan tinggal mengirimnya ke pelanggan. Jika pelanggan sudah melakukan pembayaran, Anda akan mendapat notifikasi dan bisa segera mengeceknya. 

Salah satu Perusahaan yang melayani pembayaran dan menyediakan layanan virtual account adalah Fazz Business. Dengan menggunakan fasilitas dari Fazz Business, Anda tidak perlu melakukan penagihan secara langsung ke pelanggan, karena sistem yang ada di Fazz akan melakukannya. 

Fazz merupakan perusahaan keuangan yang sudah melayani berbagai kebutuhan finansial bagi pelaku usaha, baik di Indonesia maupun di negara-negara Asia Tenggara. Selain menyediakan fitur penagihan, Fazz Business juga mencatat semua transaksi secara real time dalam sebuah dashboard. Dengan demikian Anda akan lebih mudah melakukan pembukuan dan monitoring semua transaksi yang berlangsung. 

Dengan menggunakan Fazz Business, Anda bisa melakukan penjualan dan menerima pembayaran pada satu link saja. Sistem pembayaran terintegrasi secara otomatis sehingga Anda bisa meningkatkan efisiensi pekerjaan. Anda juga bisa melakukan beberapa pembayaran hanya dengan satu transaksi saja. 

Selain itu, karena terintegrasi, Anda bisa dengan mudah mengetahui perkembangan bisnis yang dijalankan. 
Cara buat virtual account yang mudah dan cepat akan sangat membantu Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis. Karena semua pekerjaan lebih efisien, biaya operasional usaha lebih kecil sehingga bisa mendapat keuntungan maksimal! (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat