visitaaponce.com

ChatGPT AI Kian Interaktif dengan Fitur Suara

ChatGPT AI Kian Interaktif dengan Fitur Suara
Dalam waktu dekat ChatGPT akan meluncurkan kemampuan suara dan gambar secara bertahap ke pengguna Chat GPT Plus dan Enterprise.(AFP)

PERUSAHAAN di balik ChatGPT mengumumkan penambahan kemampuan suara dan gambar ke platform kecerdasan buatan generatif (AI) yang sebelumnya hanya dalam bentuk tulisan.

Fitur baru yang akan ditambahkan ke versi berbayar layanan ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan AI. Bahkan memperlihatkan kepada AI tentang apa yang mereka bicarakan.

"Dengan suara dan gambar, Anda memiliki lebih banyak opsi untuk menggunakan ChatGPT dalam berbagai aspek kehidupan Anda," kata OpenAI dalam posting mereka.

Baca juga: Aplikasi Ini Bantu Memilih Produk Skin Care yang Tepat Sesuai Kebutuhan

"Contohnya, ambil foto landmark saat bepergian dan langsung berbicara tentang apa yang menarik dari tempat itu."

Contoh lainnya, mengambil foto isi lemari es untuk mendapatkan saran resep makanan atau mengabadikan foto tugas matematika anak untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan soal-soal.

Baca juga: Bagaimana Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi Stuck? Simak Tips Berikut

Kemampuan suara dan gambar akan secara bertahap diperkenalkan kepada pengguna ChatGPT Plus dan Enterprise dalam beberapa minggu mendatang. Nantinya, fitur ini juga akan tersedia untuk sistem operasi ponsel pintar dari Apple dan Google, sesuai dengan rencana OpenAI.

"Pengguna sekarang bisa berbicara dengan asisten AI mereka dan berinteraksi secara langsung," ujar pencipta ChatGPT.

"Anda bisa berbicara dengannya saat berpergian, meminta cerita sebelum tidur untuk keluarga, atau memecahkan perdebatan di meja makan."

OpenAI juga berkolaborasi dengan para aktor suara untuk menjadikan interaksi suara lebih realistis. Program AI generatif mendapatkan sorotan publik pada akhir tahun lalu, dengan ChatGPT yang mampu menghasilkan esai, puisi, dan percakapan dari pemicu yang sangat singkat.

Tidak hanya ChatGPT, raksasa teknologi seperti Google, Meta (sebelumnya dikenal sebagai Facebook), dan Microsoft tengah bersaing untuk mengembangkan AI generatif, sambil berusaha mengatasi potensi teknologi ini sebagai senjata penyebaran informasi palsu dan kejahatan siber.

Selain pengumuman mengenai ChatGPT, pada hari Senin, platform streaming musik berbasis Swedia, Spotify, juga mengumumkan bahwa mereka akan memanfaatkan teknologi dari OpenAI untuk menerjemahkan podcast ke berbagai bahasa sambil tetap menjaga gaya bicara asli pembicara dalam podcast tersebut.

"Melalui pencocokan suara dari pembuat konten, Voice Translation memberikan kesempatan kepada pendengar di seluruh dunia untuk menemukan dan mendapatkan inspirasi dari para pembuat podcast baru dengan cara yang lebih otentik," kata Ziad Sultan, Wakil Presiden Personalisasi Spotify, dalam sebuah pernyataan.

Spotify akan mulai menerjemahkan episode berbahasa Inggris ke dalam bahasa Spanyol, Prancis, dan Jerman dalam beberapa minggu mendatang, demikian pernyataan dari perusahaan tersebut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat