visitaaponce.com

Teknologi Terus Berkembang, Kemenkominfo dan KWI Dorong Peningkatan Literasi DIgital

Teknologi Terus Berkembang, Kemenkominfo dan KWI Dorong Peningkatan Literasi DIgital
kegiatan literasi digital Kemenkominfo dengan Komsos KWI di Keuskupan Agung Samarinda(Dok. kemenkominfo)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika menggandeng Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dalam meningkatkan literasi digital seiring dengan terus berkembangnya teknologi digital.

Kegiatan itu salah satunya menyasar Keuskupan Agung Samarinda dengan sasaran Orang Muda Katolik (OMK) yang berasal dari sejumlah keuskupan regio Kalimantan, yaitu Keuskupan Agung Pontianak, Keuskupan Tanjung Selor, Keuskupan Palangkaraya, Keuskupan Ketapang, dan Paroki lainnya.

Kegiatan itu bertujuan mengedukasi peserta untuk cerdas bermedia sosial dengan membuat produksi-produksi konten yang berasaskan Pancasila dan konten positif lainnya untuk kemajuan Indonesia.

Baca juga : Kemenkominfo dan Komsos KWI Dorong Peningkatan Literasi Digital di Bandung

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, media digital wajib dimiliki semua agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas.

DI sisi lain, sangat krusial untuk mengantisipasi ancaman digital berupa kebocoran idenitas dan penipuan,.

Baca juga : ASN Yogyakarta Harus Jaga Netralitas Demi Wujudkan Pemilu Damai di Ruang Digital

“Kementrian kominfo memegang pilar untuk meningkatkan indeks literasi digital. Saat ini ada di kategori cukup dan masih harus ditingkatkan,” kata Semuel.

Sekretaris Eksekutif Komisi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Anthonius Steven Lalu mengatakan, perkembangan teknologi memberikan kemudahan. Namun, manusa harus mampu mengendalikan teknologi, bukan justru diperbudak.

“Kita semua harus sadar bahaya dari teknologi, bukan bahaya dari teknologi tapi orang-orang yang menggunakannya. Teknologi sudah di anugrahkan Tuhan sebagai bantuan agar hidup kita berkualitas. Secara khusus media komunikasi sosial, kita harus belajar agar bisa kuasai teknologi secara benar,” katanya.

Mgr. Yustinus Harjosusanto mewakili Keuskupan Agung Samarinda, mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kemenkominfo yang telah mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan Literasi Digital di Keuskupan Agung Samarinda,

“Penyelenggaraan kegiatanini sesungguhnya merupakan sebuah kesempatan besar bagi para peserta agar dapat mempelajari bagaimana cara untuk bijak dan terampil dalam menggunakan platform media digital. Semoga Orang Muda sekalian menjadi semakin terampil dan bijak dalam. Selamat mengikuti seminar semoga bermanfaat, Tuhan Memberkati.” kata Yustinus. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat