visitaaponce.com

Apple Akan Ajukan Banding terhadap Larangan Impor Jam Pintar di AS

Apple Akan Ajukan Banding terhadap Larangan Impor Jam Pintar di AS
Apple mengajukan banding terhadap larangan impor AS terhadap model jam pinter terbaru mereka, terkait pelanggaran paten.(AFP)

APPLE akan mengajukan banding terhadap larangan impor Amerika Serikat (AS) terhadap model jam pintar terbarunya setelah pemerintahan Joe Biden memilih untuk tidak membatalkan putusan terkait pelanggaran paten.

Larangan impor terhadap model jam pintar terbaru Apple mulai berlaku pada Selasa, memengaruhi ketersediaan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 di toko fisik maupun daring.

Keputusan larangan ini merupakan bagian dari pertarungan hukum terbaru antara perusahaan teknologi besar terkait paten berharga. Perselisihan serupa juga terjadi antara Google dan Sonos dalam pertarungan tentang teknologi speaker.

Baca juga: Apple Watch Ultra 2, Jam Tangan Pintar Tangguh untuk Petualang Sejati

Pada Oktober, Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat (ITC) memutuskan untuk melarang model jam pintar Apple, karena pelanggaran paten terkait teknologi deteksi kadar oksigen dalam darah.

Keputusan tersebut berawal dari keluhan yang diajukan Masimo Corp pada pertengahan 2021. Di mana perusahaan perangkat medis tersebut menuduh Apple melanggar fungsionalitas oksimetri berbasis cahaya.

Baca juga: Apple Watch S9, Teknologi Terdepan untuk Gaya Hidup Sehat dan Aktif

Pada Selasa, Kantor Perwakilan Perdagangan AS mengumumkan Duta Besar Katherine Tai memutuskan untuk tidak membatalkan keputusan ITC, membuat larangan ini resmi berlaku pada 26 Desember 2023. Meskipun kantor presiden AS memiliki kewenangan untuk membatalkan larangan impor, tindakan tersebut jarang dilakukan.

Masimo menyatakan larangan yang dikonfirmasi ini merupakan kemenangan bagi integritas sistem paten AS, dan pada akhirnya, konsumen Amerika yang akan mendapatkan manfaat dari ekosistem yang memberikan penghargaan pada inovasi sejati.

Apple bersikeras keputusan ITC tersebut keliru dan harus dibatalkan, dan mereka telah mengajukan banding di pengadilan federal AS. Meskipun begitu, Apple telah menarik produk-produk tersebut dari Apple Store online pada 21 Desember, sementara penjualan di lokasi ritel dihentikan pada 24 Desember, menjelang liburan.

Masimo mengklaim mereka adalah penemu teknologi tersebut dan Apple merekrut karyawan mereka untuk mendapatkan akses ke pengetahuan tersebut.

Tidak setuju keras

Apple terus meningkatkan fitur kesehatan dan kebugaran pada setiap generasi Apple Watch, yang mendominasi kategori smartwatch. Pada September, Apple merilis Apple Watch Series 9 dengan peningkatan kinerja dan fitur-fitur seperti kemampuan untuk mengakses dan mencatat data kesehatan.

"Kami sangat tidak setuju dengan keputusan USITC dan perintah larangan yang dihasilkannya, dan mengambil semua langkah untuk mengembalikan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 kepada pelanggan di AS secepat mungkin," kata Apple dalam pernyataan.

Saat keputusan awal diumumkan, Apple mengatakan Masimo secara keliru mencoba menggunakan ITC untuk menahan produk yang potensial dapat menyelamatkan nyawa dari jutaan konsumen AS sambil membuka jalan bagi jam tangan mereka sendiri yang meniru Apple.

Pada Mei, persidangan atas tuduhan Masimo berakhir dengan mistrial setelah juri gagal mencapai keputusan bulat. Apple berargumen Masimo menggunakan litigasi untuk memberi jalan bagi produk-produk terinspirasi Apple Watch.

Pada November, Masimo mendapatkan persetujuan dari regulator AS untuk menggunakan produk berpenyakit mereka sendiri untuk penggunaan resep dan over-the-counter.

Pada akhir tahun lalu, Apple mengajukan dua gugatan pelanggaran paten terhadap Masimo, menuduh mereka menyalin teknologi Apple Watch. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat