visitaaponce.com

Dengan Teknologi Digital, Perusahaan Berupaya Personalisasi Pengalaman Pelanggan

Dengan Teknologi Digital, Perusahaan Berupaya Personalisasi Pengalaman Pelanggan
Dengan memanfaatkan teknologi digital, perusahaan meningkatkan aksesibilitas, kemudahan bertransaksi, personalisasi pengalaman pelanggan.(Dokpri)

PEMANFAATAN teknologi digital memiliki peran penting dalam strategi pemasaran saat ini. Dengan memanfaatkan digital, perusahaan bisa meningkatkan aksesibilitas, kemudahan bertransaksi, dan personalisasi pengalaman pelanggan. Dengan demikian, perusahaan bisa lebih memberikan pelayanan lebih memuaskan kepada pelanggan.

Melihat perubahan itu, Swa Media Group bekerja sama dengan Business Digest menggelar Virtual Conference and Awarding Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award 2024 & Indonesia Healthcare Award 2024. Pemimpin Redaksi Majalah Swa Sujatmaka mengatakan konferensi ini ialah hasil survei berbasis costumer satisfaction untuk dua kelompok yakni industri kesehatan dan nonkesehatan serta jasa. "Tujuannya mendapatkan best practice dari kedua sektor tersebut yang berhasil memuaskan pelanggan ketika tuntutan konsumen berubah drastis," kata Sujatmaka dalam ajang itu, Jumat (16/2), Jakarta.

Sebagaimana diketahui, di era digital, perilaku masyarakat berubah sehingga membawa tuntutan baru bagi perusahaan. Hal ini mengharuskan pelaku bisnis merefresh strategi baru untuk memuaskan pelanggan loyal mereka. Sujatmaka menambahkan, survei tersebut dilakukan di akhir 2023 dengan 5.000 responden di enam kota utama Indonesia yakni Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Baca juga : Pacu Industri MLM, Perwakilan QNET dan AP2LI Bertemu Kemendag

CEO KMN EyeCare Dr. Rudy C. Susilo menjelaskan pihaknya sangat berfokus pada medical outcome dan service quality karena keduanya tidak bisa dipisahkan. Untuk memastikan layanan berstandar sama, KMN memiliki arsitektur layanan, melakukan survei, dan audit. "Hasilnya, secara konsisten sejak 2019-2023, survei kepuasaan kami mencapai 99%, baik yang puas maupun sangat puas," kata Rudy.

Costumer Satisfaction Division Head PT Sharp Electronics Indonesia Lise Tiasanty mengatakan bahwa kondisi masyarakat dunia sudah berubah. Konsumen meminta brand untuk bisa merespons mereka dengan cepat, baik dari sisi produk, transaksi jual beli, maupun layanan konsumen. "Ini tantangan yang sulit, tetapi kami harus bisa melakukannya karena kami ada di seluruh Indonesia," ujarnya. 

Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia Anastasia Damayanti menambahkan teknologi dan digital menjadi peluang sekaligus tantangan agar pemilik bisa menavigasi brand untuk tampil sekaligus dekat dengan konsumen. "Kita berusaha memperbaiki digital eksosistem kita, menyediakan solusi konten dan pesan yang bisa berbicara dengan keluarga Indonesia, serta menciptakan engagement yang momarable," kata dia.

Baca juga : AMG dan TikTok Bermitra Perluas Jangkauan Konten dengan 'Out of Phone'

Adapun para penerima award Indonesia Healthcare Award 2024 di antaranya Rumah Sakit Mata KMN EyeCare, Betadine, Stimuno, bodrex, Antis, PT Prodia Widyahusada Tbk, PT AXA Mandiri Financial Services, vidoran Smart, Adem Sari Ready To Drink, Plossa, My Baby, Safe Care, bodrex Flu & Batuk, Neo Rheumacyl, CITO Laboratorium Medis & Klinik Utama, Oskadon, Prudential Indonesia, rheumacyl Oralinu, dan vidoran. Untuk penerima award Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award 2024 antara lain Sharp, Acer, Sunpride, Finna, UBS Gold, Herborist, Yeo's, Polygon, Indocafe Coffeemix, dan Sampoerna A Mild. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat