visitaaponce.com

Pengguna TikTok Raih Pendapatan Tambahan melalui Program Afiliasi

Pengguna TikTok Raih Pendapatan Tambahan melalui Program Afiliasi
Logo TikTok Tokopedia.(AFP/Yasuyoshi Chiba)

PARA ibu dan istri sering kali antusias dalam membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga atau home living, terutama jika ada penawaran dengan harga yang menarik. TikTok, sebagai salah satu platform digital yang sering digunakan untuk mencari berbagai macam informasi, tidak hanya menjadi tempat mereka menemukan produk-produk baru tetapi juga menjadi platform bagi beberapa di antara mereka untuk mencoba peruntungannya dalam berjualan online lewat TikTok.

Memiliki akun hellooanard dengan jumlah pengikut sebanyak 1 juta, Leaanard Aprilia menggunakan platform TikTok menjadi sumber pendapatan tambahan melalui program afiliasi sejak 2021. Sebelumnya ia lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Kini di sela-sela kesibukannya dalam mengurus keluarga, perempuan yang biasa dipanggil Lia ini memanfaatkan waktunya di rumah dengan mempromosikan beragam produk kebutuhan rumah tangga, dari alat-alat memasak hingga elektronik portabel. Fitur yang kini dikenal dengan Shop | Tokopedia memungkinkan Lia untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu dan menghasilkan komisi dari penjualan yang dihasilkan.  

"Program affiliate TikTok menjadi sumber pendapatan saya. Setiap kali ada waktu kosong, saya langsung livestream untuk berjualan. Kadang-kadang saya dibantu oleh adik saya sebagai co-host. Enaknya lagi, saya bisa tentukan sendiri waktunya mau kapan (untuk livestream)," tambahnya. Menurutnya, mayoritas pengguna TikTok yang menonton live produk-produknya dari kalangan ibu rumah tangga seusianya atau mahasiswa dan pekerja yang tinggal sendiri dan membutuhkan peralatan home living portabel. 

"Meskipun saya bukan artis, banyak yang menonton live saya. Biasanya mereka menonton karena butuh pilihan produk-produk home living, khususnya dengan harga yang murah. Jujur saja, dengan kembalinya Shop | Tokopedia di TikTok menjadi angin segar bagi saya dan teman-teman affiliator serta penjual yang lain karena kami bisa berjualan lagi di platform ini yang merupakan sumber penghasilan utama kami juga," ujar Lia. 

Keberhasilan Lia melalui program affiliate TikTok ini tidak hanya membawa manfaat finansial bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi keluarganya. Dengan penghasilan yang ia dapat dari program afiliasi, ia mampu menyekolahkan anaknya di sekolah yang berkualitas dan membiayai pendidikan adiknya di universitas ternama. "Saya dan teman affiliator lain merasa kehadiran TikTok benar-benar membantu pelaku usaha lokal yang akan berdampak bagi perekenomian negara juga. Semoga proses migrasi Shop | Tokopedia yang hampir selesai ini berjalan lancar agar kami juga tetap bisa mencari pemasukan dan dapat membuka kesempatan bagi orang-orang untuk mendapatkan sumber pemasukan lain," tutup Lia. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat