visitaaponce.com

6 Tips Merawat Barang Elektronik agar Awet untuk Jangka Panjang

6 Tips Merawat Barang Elektronik agar Awet untuk Jangka Panjang
Tips merawat barang elektronik agar awet dan jangka panjang(Dok)

BARANG elektronik menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Banyak pekerjaan yang kamu lakukan menjadi lebih mudah dengan menggunakan barang-barang tersebut. Namun, memiliki alat tersebut juga harus dibarengi dengan memahami bagaimana tips merawat barang elektronik agar awet.

Tujuannya tidak lain agar barang yang kamu punya bisa bertahan lama dan tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan. Lalu apa saja tips yang harus kamu perhatikan?

Inilah Tips Merawat Barang Elektronik Agar Awet

Beberapa tips penting agar barang milikmu awet dan tidak cepat rusak yaitu:

1. Taruh di Tempat yang Aman

Tata letak menjadi faktor yang penting untuk kamu perhatikan. Pastikan barang elektronik milikmu diletakkan pada tempat dengan kondisi permukaan rata, ruangan kering, dan tidak kena sinar matahari langsung. Jangan letakkan barangmu di tempat lembap karena berpotensi membuatnya cepat berjamur.

2. Pastikan Listrik Rumahmu Stabil

Arus listrik rumahmu juga mempengaruhi seberapa awet barang elektronik milikmu. Kondisi rumah dengan listrik tidak stabil mengakibatkan komponen-komponen barang elektronik gampang rusak. Bukan itu saja, penggunaan stop kontak perlu juga kamu perhatikan.

Waktu kabel sudah kamu colokkan, pastikan tercolok sempurna. Jika tidak, malah bakal membahayakan penggunanya. Apalagi waktu kamu mau mencabutnya, risiko tersengat aliran listrik malah lebih besar.

3. Beri Waktu Istirahat

Memberi waktu istirahat juga menjadi tips merawat barang elektronik agar awet yang tidak boleh kamu lewatkan. Seperti halnya manusia, peralatan elektronik pun butuh waktu istirahat. Mau secanggih apapun perangkatnya, kamu tetap harus memberinya kesempatan "bernafas" agar fungsinya kembali optimal.

Jangan dipaksa bekerja terus-menerus, barangmu malah bisa terkena overheating. Akibatnya komponen di dalamnya gampang rusak dan butuh biaya cukup mahal memperbaikinya atau bahkan kamu harus ganti baru.

4. Bersihkan Secara Rutin

Barang elektronik juga perlu kamu bersihkan untuk menjaga performanya tetap baik. tidak sedikit orang yang mengabaikan hal ini karena merasa barang miliknya tidak mengalami masalah meskipun kondisinya kotor.

Baca juga : Efek Rumah Kaca: Pengertian, Penyebab dan Dampaknya Bagi Bumi

Padahal membersihkan peralatan elektronik secara rutin, khususnya pada komponen utama/bagian sensitif punya pengaruh pada kinerjanya. Untuk waktu pembersihannya tidak harus sering.

Umumnya cukup kamu lakukan beberapa bulan sekali. Jangan menunggu sampai barangmu mengalami masalah atau bahkan rusak lalu kamu baru membersihkannya. Ingat, waktu pembersihan pastikan setiap bagian bebas debu, jamur, atau kotoran.

5. Simpan Kartu Garansi

Waktu membeli barang elektronik di toko resmi, pasti kamu bakal dapat kartu garansi baik dari toko maupun pabriknya. Tips merawat barang elektronik agar awet yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan juga.

Baca juga : Ini Cara Tepat Pilih AC yang gak Bikin Tagihan Listrik Melonjak

Jangan sekali-sekali menganggap barang yang kamu beli tidak bakal bermasalah. Apalagi kamu merasa membelinya sudah mahal pasti aman untuk jangka panjang. Kartu garansi yang kamu dapat waktu membeli perangkat elektronik sangat berguna waktu barangmu bermasalah.

Pada kartu garansi tersebut, kamu bakal dapat servis gratis sampai penggantian unit baru. Tapi ingat, semua keuntungan tersebut berlaku kalau masa garansi belum habis.

Selain itu, memiliki kartu garansi membuatmu tidak perlu keluar banyak uang dan bisa jadi malah gratis. Barang elektronikmu juga langsung ditangani orang yang tepat sehingga kualitasnya tetap terjaga.

6. Servis di Tempat Terpercaya

Lakukan servis secara berkala pada tempat terpercaya, kalau bisa pilih tempat servis resmi. Ini karena banyak tempat servis barang-barang elektronik yang beredar. Meski terkesan bagus, kamu tetap harus selektif waktu menentukan tempat servis.

Tidak ada salahnya mencari info lewat testimoni orang-orang yang pernah datang ke tempat servis tersebut. Kamu bisa juga bertanya kepada teman maupun saudaramu mana tempat servis dengan pelayanan yang baik.

Ingat, mengunjungi tempat servis tidak harus nunggu barangmu rusak. Tapi bisa jadi ini menjadi tindakan pencegahan agar performanya tetap optimal.

Sudah Tahu Tips Merawat Barang Elektronik Agar Awet?

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat barang elektronik agar tetap awet. Kalau kamu butuh barang elektronik dalam waktu cepat namun terkendala biaya, Home Credit Indonesia adalah solusinya.

Home Credit Indonesia adalah perusahaan pembiayaan berbasis teknologi yang sudah beroperasi sejak 2013. Melalui Home Credit Indonesia, kamu bisa melakukan pengajuan pembiayaan berbagai barang elektronik, termasuk kredit TV, kulkas, mesin cuci, microwave dan lain-lain.

Cicilan ringan dengan proses mudah juga menjadi keunggulan Home Credit Indonesia. Info selengkapnya silakan kamu mengunjungi website resminya di tautan ini: Home Credit Indonesia. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat