visitaaponce.com

Novotel ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Jaga Lingkungan Lebih Baik

Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Jaga Lingkungan Lebih Baik
Keberlanjutan lingkungan dari Ibis style mangga dua dan Novotel(Dok. Ibis)

SELAMA lebih dari tiga dekade, Accor telah komit terhadap pembangunan berkelanjutan. Sebagai bagian dari jaringan hotel Accor, Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square telah menetapkan komitmen penuh sejak tahun 2020 untuk berkontribusi pada program keberlanjutan secara menyeluruh, mulai dari operasional hotel, pengalaman menginap dan bersantap bagi para tamu, hingga keterlibatan staf dalam rutinitas kerja mereka sehari-hari.

Transformasi program keberlanjutan ini mencakup beberapa inisiatif, termasuk program menginap yang berkelanjutan (Sustainable Stays), siklus makanan yang bertanggung jawab (Responsible Food Cycle), program keberlanjutan untuk staf, dan panduan keberlanjutan untuk perjalanan (Sustainability Explore).

Berbagai masalah lingkungan utama seperti pencemaran, limbah plastik, efek rumah kaca, emisi gas, dan lain-lain, telah menjadi perhatian utama. Semua bentuk pencemaran lingkungan ini memiliki dampak yang luas, mulai dari tanah, laut, hingga udara, dan secara keseluruhan memengaruhi keseimbangan ekosistem. Berpegang teguh pada komitmennya untuk mengurangi masalah-masalah tersebut, Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square berusaha untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut dengan menerapkan program menginap yang berkelanjutan (Sustainable Stays), termasuk pengurangan penggunaan plastik sekali pakai di seluruh area hotel, manajemen operasional untuk mengurangi konsumsi energi dan air, yang pada gilirannya akan mengurangi dampak efek rumah kaca, dan mengajak para tamu untuk mendukung program ini dengan menyediakan perlengkapan kamar yang terbatas sesuai dengan kebutuhan tamu.

Baca juga : Mulai Petualangan Keluarga yang tidak Terlupakan Bersama Novotel dan Mothercare di Indonesia

Program siklus makanan yang bertanggung jawab (Responsible Food Cycle) juga sangat penting. Hotel telah melakukan optimasi dari tahap pengolahan bahan makanan di perkebunan/peternakan, distribusi dari vendor, penyajian makanan kepada tamu, hingga pengolahan sampah makanan untuk mengontrol dan meningkatkan siklus perputaran makanan.

Produsen makanan, termasuk petani, peternak, dan vendor, diharapkan untuk memiliki sistem pengolahan yang bertanggung jawab dan berkontribusi pada keseimbangan ekosistem, seperti pengurangan penggunaan pestisida atau obat vaksin yang berlebihan pada hewan. Edukasi tentang pentingnya konsumsi makanan yang bijaksana juga diberikan kepada para tamu untuk membantu mengurangi pemborosan makanan. Setelah selesai disajikan, tim dapur melakukan pengolahan lanjutan dengan memisahkan makanan yang masih layak untuk didonasikan, serta memisahkan sisa sayuran dan buah-buahan untuk diolah menjadi pupuk organik di kebun urban hotel.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendukung siklus pengolahan makanan, salah satunya adalah dengan mengolah bahan makanan organik yang ditanam sendiri oleh hotel. Novotel Jakarta Mangga Dua Square memiliki area taman dan urban garden yang langsung berfungsi sebagai sumber bahan makanan. Selain itu, hotel juga menyajikan menu makanan organik yang sehat dan lezat, seperti menu microgreens a la carte yang terdiri dari lima pilihan menu andalan: Tuna Salad, Vegan Salad, Omega 3, Beef Salad, dan Chicken Salad. Kelima menu tersebut menggunakan bahan dasar sayuran organik yang diproses dengan baik dan disempurnakan dengan microgreens yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Menu-menu tersebut juga dapat disajikan dengan tambahan topping protein seperti ayam, daging, telur, atau ikan. Para tamu vegetarian juga dapat menikmati pilihan makanan vegetarian lainnya seperti pizza dan salad.

Baca juga :  Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Manfaatkan Sisa Makanan Jadi Pupuk Sayuran

Di masa mendatang, tim Food & Beverages hotel berencana untuk terus berinovasi dengan pengolahan bahan makanan yang berkelanjutan, misalnya dengan mengolah kulit semangka menjadi acar dan berbagai kreasi makanan kreatif lainnya.

Selain berfokus pada para tamu, Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square juga berkomitmen untuk melibatkan staf hotel dalam program keberlanjutan. Para staf diharapkan dapat menjadi contoh bagi para tamu dalam mendukung program keberlanjutan yang diterapkan oleh hotel. Manajemen juga mengadakan pelatihan berkelanjutan tentang program ini, serta mendorong kegiatan sehari-hari yang ramah lingkungan, seperti mematikan lampu dan AC ketika tidak digunakan, mematikan komputer setelah selesai bekerja, menggunakan tumblr untuk minum air, dan mengonsumsi air suhu ruangan.

Dengan mendorong program keberlanjutan ini, Novotel & ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square berkomitmen untuk memberikan pengalaman menginap yang lebih ramah lingkungan bagi para tamu. Hotel juga aktif dalam memberikan panduan perjalanan yang berkelanjutan, termasuk informasi tentang transportasi umum, tempat rekreasi alam, dan kendaraan berbasis listrik. Program ini dinilai berdasarkan empat sistem keberlanjutan, yaitu pengelolaan yang berkelanjutan, dampak lingkungan, dampak budaya, dan dampak sosial-ekonomi terhadap praktik hotel. #MIA (RO/Z-10)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat