visitaaponce.com

Kolaborasi Tiktok Shop dan Tokopedia harus Untungkan UMKM Lokal

Kolaborasi Tiktok Shop dan Tokopedia harus Untungkan UMKM Lokal
Ilustrasi(AFP)

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKB Nasim Khan menekankan kolaborasi TikTok Shop dan Tokopedia harus bisa memberikan peluang positif bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal. Bagi pelaku UMKM, mereka hanya memerlukan jaminan untuk menjaga keuntungan dan keberlangsungan usaha.

Kemudian, kolaborasi itu juga diharapkan bisa memberikan keamanan bagi konsumen dalam melakukan transaksi.

"Asal bisa memberi manfaat kepada UMKM lokal dan konsumen, menjaga keutuhan barang, keuntungan pelaku UMKM dan keamanan produsen maupun konsumen, kami pasti dukung," kata Nasim di Komisi VI DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (20/3).

Baca juga : CIPS: Penguasaan Saham Tokopedia oleh TikTok Peluang bagi UMKM

Nasim juga meminta barang-barang yang dipajang di TikTok Shop dan Tokopedia harus mengutamakan produk lokal. Oleh karena itu, ia menyarankan kampanye Beli Lokal yang digagas Tokopedia tidak sekedar menjadi alat promosi, tapi harus betul-betul diimplementasikan secara nyata.

"Daripada kita beli produk impor yang tidak jelas, mending beli barang UMKM lokal yang jaminannya sudah jelas, sudah SNI, BPOM dan Legalitasnya juga jelas," sambung Nasim.

Wakil rakyat asal Dapil III Jawa Timur itu meyakini kolaborasi Tiktok shop dan Tokopedia bakal memberikan efek positif terhadap pelaku UMKM.  

Baca juga : Dua Usulan Kemenkop-UKM untuk Lindungi Produk UMKM dari e-Commerce

"Kolaborasi tersebut akan membantu para pelaku UMKM lokal untuk memperluas jangkauan pasar, menekan biaya operasional, meningkatkan potensi penjualan produk dan memperkuat skala bisnis," tuturnya

Selain itu, kolaborasi itu juga membantu para pelaku UMKM meningkatkan kreatifitas dan daya saing.

"Yang pasti semua bisa meningkatkan produktifitas, meningkatkan daya saing, meningkatkan keuntungan. Itu yang kita harapkan," tuturnya.

Pada momentum Ramadan dan Lebaran, aktivitas perdagangan akan mengalami kenaikan. Kondisi tersebut tentu menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk menggeber penjualan. Karena itu, ia kembali berpesan kepada para pelaku UMKM untuk terus menjaga kinerja produksi.

Nasim juga mendorong Pemerintah, Tiktok Shop dan Tokopedia untuk memberikan bantuan ke pelaku UMKM, baik dalam bentuk bantuan subsidi, permodalan, pelatihan, pembinaan dan pemasaran serta bentuk-bentuk lainnya. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat