visitaaponce.com

Ilmuwan Jepang Berhasil Ciptakan Tikus Kloning dari Sel Kulit Mati

Ilmuwan Jepang Berhasil Ciptakan Tikus Kloning dari Sel Kulit Mati
Tikus hasil kloning(AFP/TERUHIKO WAKAYAMA, UNIVERSITY OF YAMANASHI )

Para ilmuwan di Jepang berhasil menciptakan tikus kloning dari sel-sel kulit kering beku pertama di dunia. Hal ini bertujuan untuk membantu para konservasionis menghidupkan kembali populasi spesies yang terancam punah.

Terobosan ini menyadarkan pentingnya untuk menyimpan sel-sel kulit dari hewan, karena sel-sel tersebut dapat digunakan untuk membuat kloning yang meningkatkan keragaman genetik spesies jika mereka terancam punah di masa depan.

Para ilmuwan kini telah menggunakan sel-sel beku untuk menghasilkan kloning untuk proyek-proyek konservasi. Sel-sel itu disimpan dalam nitrogen cair yang mahal dan berisiko. Sebab, jika ada pemadaman listrik atau nitrogen cair tidak diisi ulang secara teratur, sel-sel itu akan meleleh dan menjadi tidak dapat digunakan. Sperma kering beku juga dapat digunakan untuk membuat klon, tetapi tidak dapat diperoleh dari semua hewan.

“Jika sel-sel ini dapat diawetkan tanpa nitrogen cair menggunakan teknologi pengeringan beku, ini memungkinkan sumber daya genetik dari seluruh dunia disimpan dengan murah dan aman,” kata Prof Teruhiko Wakayama yang memimpin penelitian di Universitas Yamanashi di Jepang, seperti dilansir The Guardian, Kamis (7/7).

“Negara-negara berkembang akan dapat menyimpan sumber daya genetik mereka sendiri yang berharga di negara mereka sendiri. Juga, bahkan pada spesies yang terancam punah di mana hanya jantan yang bertahan hidup, teknologi ini dapat digunakan untuk menciptakan betina untuk menghidupkan kembali spesies tersebut.”

Dalam karya terbaru itu, para peneliti membekukan sel-sel kulit kering dari ekor tikus dan menyimpannya hingga sembilan bulan sebelum mencoba membuat klon dari mereka. Proses pengeringan beku membunuh sel-sel, tetapi para ilmuwan menemukan bahwa mereka masih dapat membuat embrio kloning tahap awal dengan memasukkan sel-sel mati ke dalam telur tikus yang intinya telah dihilangkan.

Embrio tikus tahap awal ini, yang dikenal sebagai blastokista, digunakan untuk membuat stok sel induk yang dimasukkan melalui putaran kloning lagi. Sel-sel induk dimasukkan ke dalam telur tikus yang dikosongkan dari inti mereka sendiri, yang mengarah ke embrio pengganti tikus yang dibawa ke masa kehamilan.

Tikus kloning pertama, bernama Dorami, diambil dari nama  robot pecinta roti melon dalam seri Manga Doraemon. Setelah itu diikuti oleh 74 tikus lainnya. Untuk memeriksa apakah tikus hasil kloning itu klon memiliki kesuburan yang sehat, sembilan betina dan tiga jantan dikawinkan dengan tikus normal.

Meski berhasil, prosesnya tidak efisien – membekukan DNA yang rusak di sel kulit – dan tingkat keberhasilan untuk menciptakan anak tikus betina dan jantan yang sehat hanya 0,2 hingga 5,4%. Di beberapa sel, kromosom Y hilang, menyebabkan tikus betina lahir dari sel yang diperoleh dari hewan jantan.

 “Jika perlakuan yang sama dapat dilakukan pada spesies yang terancam punah di mana hanya jantan yang bertahan hidup, akan memungkinkan untuk menghasilkan betina dan melestarikan spesies secara alami, “tulis para penulis di Nature Communications. (M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat