visitaaponce.com

Sambut HUT RI, Keakwa Gelar Festival Perahu dan Dokter Terbang

Sambut HUT RI, Keakwa Gelar Festival Perahu dan Dokter Terbang
Keakwa, destinasi wisata di pesisir Timika, menghelat festival untuk menyambut HUT ke-77 RI.(Dok. Yayasan Somatua)

Menyambut HUT ke-77 kemerdekaan RI, Keakwa, salah satu kawasan wisata pesisir di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, akan hadirkan suguhan spesial. 

Maximus Tipagau, Ketua Yayasan Somatua yang juga mengelola kawasan wisata Keakwa menjelaskan, perayaan ke-77 HUT RI pada Rabu (17/8) akan terasa spesial. Sebab di Keakwa, bakal ada beragam lomba yang menjadi pesta rakyat. 

"Ada lomba voli, festival tari Seka, dan festival perahu. Nantinya ini akan menjadi pesta rakyat dan bisa dihadiri wisatawan," jelasnya.

"Freeport, Pemda Mimika, TNI, dan Polri Mimika ikut mendukung acara ini. Kami harap acara ini juga jadi salah satu promosi pariwisata di Mimika."

Ia menyebutkan, ada dua distrik yang akan memeriahkan acara bertema Semarak Kemerdekaan di Keakwa. Kedua distrik itu adalah Kokonaw dan Timika Baru dengan total delapan kampung.

Selain berbagai lomba dengan hadiah yang menarik, ada satu lagi kegiatan yang berbeda di Keakwa pada Hari Kemerdekaan nanti. Kegiatan itu bernama 'Dokter Terbang'.

"Jadi, Yayasan Somatua akan bekerja sama dengan dokter-dokter di Timika. Sekitar empat dokter akan datang untuk memberikan pelayanan kesehatan, penyuluhan gizi, dan pengobatan gratis," terangnya.

"Masyarakat di sekitar bisa berobat dan bahkan melakukan tindakan operasi jika memungkinkan," sambungnya.

Maximus sebelumnya pernah melakukan kegiatan Dokter Terbang di wilayah pegunungan Intan Jaya. Maximus menerbangkan beberapa dokter ke kawasan yang sulit dijangkau.

"Yayasan Somatua biasanya dulu menghadirkan Dokter Terbang di kawasan pegunungan tapi kini kami lakukan di pesisir. Harapannya tentu adalah membuat kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik," kata dia. 

Keakwa bisa ditempuh dari Pelabuhan Pomako, Timika, dengan menggunakan perahu sekitar satu jam. Saat ini, sudah tersedia fasilitas penunjang pariwisata di sana seperti 15 homestay, tempat makan, dan ketersediaan air bersih. (RO/M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat