visitaaponce.com

Teleskop James Webb Tangkap Penampakan Cincin halus Neptunus

Teleskop James Webb Tangkap Penampakan Cincin halus Neptunus
Penampakan Planet Neptunus beserta cincin halusnya yang ditangkap Teleskop Webb(Space Telescope Science Institut / ESA/WEBB / AFP)

Setelah beberapa hari mengamati galaksi terjauh di alam semesta, teleskop luar angkasa James Webb kini difokuskan mengamati lingkungan di sekitar tata surya kita. Baru-baru ini, teleskop tercanggih itu berhasil menangkap gambar Planet Neptunus yang bercahaya beserta cincinnya yang halus dan berdebu secara detail, yang tidak pernah terlihat sebelumnya dalam beberapa dekade.

Terakhir kali para astronom memiliki pandangan yang jelas tentang planet terjauh dari Matahari itu adalah ketika pesawat  NASA Voyager 2 terbang melewati planet raksasa yang dipenuhi es itu pada 1989.

“Sekarang dengan dilengkapi kemampuan pencitraan inframerah, pandangan Teleskop Webb mampu menembus atmosfer Neptunus," kata Mark McCaughrean, penasihat senior untuk sains dan eksplorasi di Badan Antariksa Eropa, seperti dikutip AFP, Rabu (21/9)

Gambar yang ditangkap teleskop  mampu menghilangkan semua silau dan latar belakang sehingga kita dapat mulai mencari tahu komposisi atmosfe planet ini,“ kata McCaughrean, yang telah bekerja di proyek Webb selama lebih dari 20 tahun.

Neptunus tampak berwarna biru tua dalam gambar sebelumnya yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble karena metana di atmosfernya.

Namun dengan panjang gelombang inframerah yang dimiliki Webb, menunjukkan planet ini berwarna putih keabu-abuan, dengan awan es yang menggores permukaan.

"Cincin itu tampak lebih reflektif dalam inframerah sehingga lebih mudah dilihat,” kata McCaughrean.

Selain penampakan cincin, teleskop Webb juga berhasil menangkap dengan jelas  tujuh dari 14 bulan Neptunus yang diketahui.

Namun,  karena planet ini miring menjauhi Bumi dan membutuhkan waktu 164 tahun untuk mengorbit Matahari, para astronom belum bisa melihat sisi kutub utaranya dengan baik.

Beroperasi sejak Juli, Webb adalah teleskop ruang angkasa paling kuat yang pernah dibuat manusia.  Para ilmuwan berharap kehadiran teleskop ini akan menandai era baru penemuan sejumlah objek di luar angkasa."Dunia  astronomi yang kita lihat sekarang tidak terbayangkan lima tahun lalu," kata McCaughrean. (M-4)"

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat