visitaaponce.com

Bakteri Tahan Hidup di Mars Hingga 280 Juta Tahun

Bakteri Tahan Hidup di Mars Hingga 280 Juta Tahun
Foto permukaan Mars(dok. NASA)

Penelitian terbaru yang dilakukan kelompok ilmuwan dari Universitas Maryland dan Universitas illinois, Amerika Serikat mengungkap, bakteri berpotensi hidup di bawah permukaan planet Mars hingga 280 juta tahun. Jauh lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Dilansir dari New Science, Kamis, (27/10), dari penelitian tersebut diketahui, bakteri yang telah mengering dan membeku dapat tetap hidup di bawah permukaan Mars. Temuan itu disebut sebagai peluang bagi para ilmuwan untuk mengungkap potensi pernah adanya kehidupan di Mars.

Bakteri dari bumi bernama Deinococcus radiodurans, bisa bertahan hidup dalam lingkungan radiasi yang setara dengan 280 juta tahun dan berada dalam 10 meter di bawah permukaan Mars. Pada penelitian sebelumnya diketahui mikroorganisme diperkirakan hanya dapat bertahan hidup hingga satu juta tahun.

“Bakteri dapat bertahan di lingkungan permukaan Mars yang kering dan dingin hingga 280 juta tahun,” ujar salah satu peneliti, Brian Hoffman.

Hoffman menyebutkan, bakteri beku serta kering terkena air dalam kurun waktu tertentu, mikroorganisme itu akan kembali aktif dari kondisi normal mereka dan mencegah kerusakan serta memperbaiki DNA organisme. Hal ini memungkinan para peneliti untuk menemukan mikroorganisme dalam kondisi yang hidup menjadi meningkat, tetapi peluangnya tidak besar.

Planet Mars yang memiliki atmosfer yang sangat tipis diperkirakan telah mengering sekitar 2 miliar tahun yang lalu, sehingga bakteri apa pun kemungkinan besar sudah mati sekarang. Akan tetapi DNA dan tanda-tanda kehidupan lainnya bisa eksis sebagai fragmen, bahkan jika organisme itu sudah lama mati.

Umur panjang bakteri di sisi lain dapat memudahkan para ilmuwan untuk menemukan bukti adanya kehidupan yang pernah terjadi di Mars. Namun, ketika para penjelajah luar angkasa tiba di sana untuk menjalankan misi, hal itu bisa jadi membuat bakteri terkontaminasi dengan organisme yang dibawa dari Bumi.

"Penting untuk memastikan bahwa mikroorganisme Bumi tidak terbawa ke Mars kemudian dikira sebagai makhluk luar angkasa. Jika kita mencemari area tempat kita mendarat,” kata ilmuwan NASA, John Rummel.

(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat