visitaaponce.com

Ilmuwan Ungkap Berat T-Rex Terbesar Mencapai 15 Ton

Ilmuwan Ungkap Berat T-Rex Terbesar Mencapai 15 Ton
AFP/Roslan RAHMAN(Pengunjung memotret rangka T-rex yang tengah dipamerkan di Singapura, Oktober 2022.)

Para ahli meyakini Tyrannosaurus rex (T-rex) adalah salah satu dinosaurus terbesar dan paling buas yang pernah hidup di planet ini. Tapi sebenarnya, seberapa besar dinosaurus ganas ini?

Ahli paleontologi dari Canadian Museum of Nature di Ottawa, Ontario, Kanada dalam studi terbaru yang diumumkan pada konferensi tahunan Society of Vertebrate Paleontology (SVP) di Toronto, mengemukakan T-rex terbesar amat mungkin memiliki berat hingga 15 ton.

Perkiraan itu membuatnya lebih berat daripada rata-rata bus sekolah, yang beratnya sekitar 11 ribu kilogram atau 11 ton. Saat ini, T-rex terberat yang pernah tercatat dalam penemuan ilmuwan adalah rangka spesimen yang diberi nama "Scotty" dengan berat ditaksir mencapai 8.870 kg atau 8,9 ton saat masih hidup.

"T-rex terbesar mungkin berukuran sekitar 70% lebih besar dari Scotty," kata Jordan Mallon, penulis penelitian sekaligus seorang ilmuwan dan kepala paleobiologi di Museum Alam Kanada, seperti dilansir dari Live Science pada Jum'at (18/11).

Para ilmuwan telah memberikan kesimpulan dengan melewati beberapa proses yakni pertama memeriksa catatan fosil, yang menunjukkan bahwa sekitar 2,5 miliar T-rex pernah hidup di Bumi. Namun, hanya sebagian kecil yang pernah ditemukan, memberi para ilmuwan informasi terbatas untuk diambil. Hingga saat ini hanya ada 32 rangka T-Rex yang pernah ditemukan para ilmuwan.

Bersama David Hone yang merupakan dosen senior dan wakil direktur Pendidikan di Queen Mary University of London, Mallon mengamati jumlah populasi dan rentang hidup rata-rata untuk membuat model T-rex sebesar mungkin. Mereka juga mempertimbangkan variasi ukuran tubuh berdasarkan dimorfisme seksual atau perbedaan ukuran antara jenis kelamin hewan dalam suatu spesies.

"Kami akhirnya membangun dua model - satu menunjukkan dimorfisme nol dan satu lagi dengan dimorfisme yang kuat," kata Mallon.

Jika T-rex adalah dimorfik, para peneliti memperkirakan beratnya mencapai 24.000 kg, tetapi model itu ditolak karena jika benar, mereka akan menemukan individu yang lebih besar sekarang.

Dengan menggunakan data ini, para ilmuwan dapat membuat model kurva pertumbuhan T-rex sepanjang masa hidupnya dan memperkirakan seberapa besar pertumbuhan hewan karnivora itu saat dewasa.

Namun Mallon memperingatkan bahwa sampai T-rex ditemukan yang ukurannya sebanding dengan yang ada di model, kesimpulan model tersebut murni spekulatif.

Thomas Carr selalu ahli paleontologi vertebrata dari Carthage College di Kenosha, Wisconsin yang menghadiri konferensi SVP, mengatakan bahwa masuk akal jika T-rex jauh lebih besar daripada yang ditemukan ilmuwan mana pun sejauh ini.

"T-rex benar-benar hewan yang luar biasa. Membayangkan T-rex sebesar itu luar biasa, dan menurut saya hewan sebesar itu dapat dijangkau secara statistik." (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat