visitaaponce.com

PM Kamboja Perintahkan Lindungi Lumba-lumba di Sungai Mekong

PM Kamboja Perintahkan Lindungi Lumba-lumba di Sungai Mekong
Lumba-lumba di Sungai Mekong( Wildlife Conservation Society/AFP)

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen memerintahkan pembentukan zona konservasi di sungai Mekong untuk melindungi lumba-lumba yang terancam punah. Bulan lalu, tiga ekor lumba-lumba mati lantaran terjerat jaring dan tali pancing.

Lumba-lumba Irrawaddy, yang dikenal karena dahinya yang menonjol dan paruhnya yang pendek, melintasi sebagian besar Sungai Mekong. Tetapi, dalam beberapa dasawarsa terakhir, pergerakan  hewan-hewan itu terbatas pada bentangan 190 km (118 mil) dari timur laut provinsi Kratie ke perbatasan dengan Laos.

Populasi mereka juga terus menurun sejak sensus pertama dilakukan pada 1997, turun dari 200 ekor menjadi sekitar 90 saat ini karena hilangnya habitat dan praktik penangkapan..

Berbicara pada sebuah acara di Kratie, Senin (1/1), Hun Sen memerintahkan pihak berwenang untuk memasang penanda terapung di sekitar zona perlindungan yang ditunjuk, di mana akan ada "larangan mutlak" pada semua penangkapan ikan.

“Sungai Mekong yang merupakan rumah bagi lumba-lumba dan spesies ikan yang hampir punah harus dikelola dengan baik, agar mereka tidak mati karena terjerat jaring insang,” katanya.

Jaring insang adalah jaring yang digantung di bagian sungai untuk menjerat ikan.

“Kawasan lumba-lumba harus dilindungi sepenuhnya,” katanya, seraya menambahkan bahwa keberadaan hewan tersebut berkontribusi pada pariwisata lokal.(AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat