visitaaponce.com

Pelaku Penipuan dengan Modus Like Video Youtube Kirim 15 Rekening ke Kamboja Melalui Ekspedisi

Pelaku Penipuan dengan Modus Like Video Youtube Kirim 15 Rekening ke Kamboja Melalui Ekspedisi
Ilustrasi penipuan(Dok. Freepik)

POLISI mengungkap bahwa pelaku penipuan modus like video Youtube berinisial EO (47) dan SM (29) telah mengirimkan rekening fisik ke dalang penipuan inisial D yang berada di Kamboja. Polisi mengatakan pengiriman rekening menggunakan jasa ekspedisi.

"Tersangka EO telah melakukan pengiriman sekitar 15 unit rekening ke Kamboja. Berdasarkan keterangan tersangka yang sudah diamankan, rekening-rekening tersebut dikirim ke negara Kamboja dengan menggunakan jasa pengiriman ekspedisi," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu (29/6).

Ade menjelaskan, tersangka EO dan SM yang berada di Indonesia diminta oleh inisial D sebagai dalang penipuan tersebut untuk mengirimkan rekening fisik. Hal tersebut dilakukan agar memudahkan D melakukan pengambilan uang atau memindahkan uang.

Baca juga : Penipu dengan Modus Like Video sudah Kirim 15 Rekening Penampungan ke Kamboja

"Di dalam permintaan rekening tersangka yang berada di Kamboja meminta dikirimkan buku rekening dan ATM-nya berikut nomor handphone yang didaftarkan M-banking agar memudahkan melakukan transaksi baik memindahkan uang atau mengambil uang," ujarnya.

"Kemudian orang lain tidak dapat mempergunakan rekening tersebut kembali karena fisiknya ada pada pelaku yang berada di Kamboja," tambahnya.

Diketahui sebelumnya, Polda Metro Jaya membongkar kasus penipuan dengan modus menawarkan pekerjaan untuk melakukan like video YouTube.

Baca juga : Rugi hingga Ratusan Miliar, 800 WNI Menjadi Korban Penipuan Online WN Tiongkok

Dalam kasus itu, dua orang tersangka ditangkap yakni berinisial EO (47) dan SM (29). Adapun pelapor selaku korban harus merugi sampai ratusan juta rupiah.

"Atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp806.220.000,00," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak dalam keterangannya, Jumat (28/6).

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat