visitaaponce.com

Podkesmas Beri Pengaruh Lewat Siniar

Podkesmas Beri Pengaruh Lewat Siniar
Poster Podkesmas(Dok. Podkesmas)

Podkesmas atau Podcast Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu podcaster ternama di Indonesia. Grup podcast atau siniar yang beranggotakan Ananda Omesh, Imam Darto, Surya Insomnia, dan Angga Nggok itu dikenal dengan lelucon-lelucon yang dekat dengan orang-orang atau candaan tongkrongan. Mereka membagikan siniar tersebut melalui platform Spotify.

Namun, siapa sangka di balik kejenakaan mereka, ternyata memberi dampak positif bagi sebagian orang. Omesh mengungkapkan dari cerita yang mereka bagikan melalui siniar tersebut banyak yang menjadi tergerak untuk belajar agama.

Diketahui, Podkesmas memiliki program 'Tanya-tanya Ustaz' yang disiarkan setiap bulan Ramadan di platform Spotify. Dalam konten audio tersebut mereka bertanya seputar Islam kepada ustaz, mulai dari salat hingga ibadah lainnya seperti puasa dan zakat.

Baca juga: Podcast Digemari Banyak Orang, Ini Alasannya

Omesh mengatakan salah satu bintang tamu di program 'Tanya-tanya Ustaz' edisi sebelumnya menghadirkan Ustaz Alfie Alfandy yang juga pentolan Bikers Dakwah. Alfie mengaku didatangi sejumlah pendengar Podkesmas yang ingin belajar agama dan mengaji setelah mendengar siniar tersebut.

"Kita baru tahu luar biasa banyak banget pendengar kita di Podkesmas datang pengen belajar ngaji, pengen tahu Bikers Dakwah," kata Omesh ketika ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (15/3).

Baca juga: Rintik Sedu Puncaki Daftar Podcast Teratas Spotify untuk Tahun Ketiga Secara Beruntun

Omesh mengaku terharu hasil cuap-cuap lewat siniar ternyata memberikan dampak positif bagi penggemarnya. Maka dari itu, Omesh mengatakan Podkesmas melanjutkan program 'Tanya-tanya Ustaz' yang akan tayang selama Ramadan tahun ini.

Ia menjelaskan hal yang dibahas pada Ramadan tahun ini tidak hanya seputar praktik keagamaan. Namun, juga membahas hal yang menyentuh dan bisa menitikkan air mata.

"Kita sepakat bahas sesuatu yang lebih mendalam, pokoknya nanti dengerin, menurut saya mungkin tanya Tanya-tanya Ustaz kemarin memang tentang salat, kita kaya mengingat kembali, kalau sekarang lebih mendalam, lebih personal, banyak diingatkan lagi (soal agama)," katanya.

Lebih lanjut, Omesh menjelaskan tak hanya memberi inspirasi untuk pendengarnya, Podkesmas juga memberikan ruang untuk pelaku usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) pada Ramadan kali ini. Ia mengatakan pihaknya memberikan harga khusus untuk pelaku UMKM mengiklankan produknya melalui siniar di Podkesmas.

Selain memberikan perhatian kepada UMKM, langkah ini juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, khususnya pendengar bahwa bisa mengiklankan produknya di siniar.

"Kita ingin mengedukasi ternyata bisa pasang iklan di podcast seperti di Instagram. Kami pengen membantu UMKM dengan harga murah kita bacain produknya, kita kasih tahu enak apa enggak, dan kita suport di media sosial kita," katanya.


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat