visitaaponce.com

Gigi T-Rex tidak Terlihat Seseram yang Digambarkan Selama ini

Gigi T-Rex tidak Terlihat Seseram yang Digambarkan Selama ini
Tengkorak bagian kepala T-rex di sebuah museum di Zurich, Swiss( ARND WIEGMANN / AFP)

SOSOK Tyrannosaurus rex atau yang sering disebut T Rex, mungkin tidak seperti yang digambarkan di film-film dengan gigi bergeriginya yang terlihat menakutkan. Menurut para peneliti, gigi mahkluk tersebut kemungkinan besar justru selalu ditutupi oleh bibir.

Itulah kesimpulan dari tim peneliti internasional yang temuannya dipublikasikan di jurnal Science. (Kamis30/3)

"Hewan seperti T-Rex, dinosaurus theropoda, kemungkinan besar memiliki semacam bibir, seperti jaringan lunak yang menutupi mulut mereka untuk menutupi gigi mereka," kata salah satu penulis studi tersebut, Thomas Cullen, asisten profesor paleobiologi di Universitas Auburn.

"Temuan ini berbeda dari banyak asumsi sebelumnya bahwa mereka lebih mirip buaya, dengan gigi terbuka saat mulut tertutup dan tidak memiliki bibir."

Untuk mencapai kesimpulan mereka, Cullen dan para peneliti lainnya mempelajari serangkaian theropoda yang berbeda dari berbagai museum dan mengikuti beberapa jalur penyelidikan.

Mereka melihat pola keausan, misalnya pada enamel gigi dinosaurus dan buaya, hewan yang paling dekat hubungannya dengan theropoda yang masih hidup saat ini.

"Kami melakukan itu karena enamel, seperti yang dikatakan beberapa orang oleh dokter giginya, harus tetap terhidrasi agar tetap sehat," kata Cullen. "Jika terkena udara terlalu lama akan rapuh, lebih mungkin retak atau sakit."

Cullen mengatakan enamel di sisi luar gigi buaya hidup lebih cepat rusak daripada di bagian dalam karena mereka tidak memiliki bibir.

"Saat kami melihat ketebalan enamel di bagian dalam dan luar gigi pada Tyrannosaurus besar, mereka tidak menunjukkan pola seperti buaya," katanya.

"Mereka lebih menunjukkan pola seperti hewan yang memiliki bibir. Ketebalan enamel gigi mereka sama di sisi luar dan dalam." (AFP/M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat