visitaaponce.com

Tulang Kerangka Dinosaurus Kembali akan Dilelang di Sothebys, New York.

Tulang Kerangka Dinosaurus Kembali akan Dilelang di Sotheby's, New York.
Kerangka Gorgosaurus yang terjual di balai lelang Sotheby's New York tahun lalu. Bulan ini, mereka akan kembali melelang tulang dinosaurus(ANGELA WEISS / AFP)

Tulang Kerangka Dinosaurus ini akan Dilelang di Sotheby's, New York.

Dua kerangka dinosuarus akan dilelang pada bulan ini di Balai Lelang Sotheby's, New York.  Salah satu jenis reptil terbang yang terlihat di film "Jurassic Park" dan menginspirasi kisah legenda monster Loch Ness ini, diperkirakan laku terjual US$600 ribu dan US$800 ribu atau sekitar (Rp10 miliar).

Sejenis dinosaurus yang disebut plesiosaurus, terakhir dilelang di Paris pada 2010 dan saat itu berasal dari museum swasta di Jerman.

Kerangka dinosaurus yang akan dilelang kali ini, panjangnya hampir 11 kaki (3,4 meter) dan ditemukan di sebuah tambang di Inggris pada tahun 1990. “Kerangkanya sekitar 75% lengkap dan dalam kondisi luar biasa,”  kata Cassandra Hotton, kepala Sains dan Budaya Populer Sotheby, Selasa (11/7).

Dengan kepala kecil, leher panjang, dan sirip, plesiosaurus hidup pada periode Jurassic bawah atau sekitar 190 juta tahun lalu.

"Sejarah Plesiosaurus juga terkait dengan monster Loch Ness yang sulit dipahami dari cerita rakyat Skotlandia, karena banyak yang membuat perbandingan morfologis antara Plesiosaurus dan 'Nessie' yang terkenal, yang penampakannya sudah ada sejak abad keenam," kata Sotheby's dalam sebuah pernyataan.

Salah satu jenis dinosaurus ini akan dilelang pada 26 Juli. Selain itu, benda yang akan dilelang lainnya adalah potongan tulang reptil terbang yang disebut pteranodon, dengan rentang sayap sekitar 20 kaki (enam meter) dan diperkirakan bernilai US$4 juta hingga US$6 juta.

Dinamai Horus dari nama Dewa Mesir, spesimen khusus ini ditemukan di negara bagian Kansas, AS. Di galeri Sotheby's, kerangka reptil itu dipajang dalam posisi terbang.

"Selain penyambungan dan stabilisasi tulang standar, hampir semua tulang fosil asli pada dasarnya tetap tidak direstorasi, artinya pengisi buatan tidak digunakan untuk menggantikan bagian tulang yang hilang," kata rumah lelang tersebut.(AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat