visitaaponce.com

Jangan Ragu Donor Darah, Ini Manfaatnya Menurut Pakar

Jangan Ragu Donor Darah, Ini Manfaatnya Menurut Pakar
Masyarakat di Ukraina mendonorkan darah untuk tentara dan korban perang.(AFP/DYACHYSHYN)

Menyumbangkan atau donor darah adalah hal yang mulia dan sangat bermanfaat, baik bagi pendonor serta penerima donor. Namun, karena berbagai alasan banyak yang ragu untuk menjadi pendonor. Mulai dari karena takut jarum suntik, khawatir akan pingsan, atau merasa tidak layak untuk berdonor.

Beberapa orang juga menganggap mendonorkan darah tidak aman dilakukan. Misalnya, mereka takut akan kehilangan kadar zat besi di tubuh, hingga tertular berbagai penyakit dari proses pendonoran.

Namun, mulai saat ini tak perlu lagi khawatir karena berbagai hal itu telah dibantah oleh berbagai penelitian. Faktanya, ada beberapa manfaat besar mendonorkan darah bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Penelitian menunjukkan orang yang mendonor darah memiliki kesejahteraan yang lebih baik secara keseluruhan.

Baca juga: Penyandang Disabilitas Irawan Mulyanto Donor Darah hingga 100 Kali

"Pasti ada yang disebut 'efek donor yang sehat'," menurut Eldad Hod, seorang profesor patologi dan biologi sel di Universitas Columbia di New York, AS, dilansir dari Huffpost, Rabu, (5/4).

"Mereka (pendonor darah) lebih sehat, lebih bahagia, hidup lebih lama, lebih sedikit penyakit jantung, lebih sedikit stroke," lanjutnya.

Baca juga: Ini Makanan Mengandung Zat Besi, Bisa Cegah Anemia

Berikut sejumlah manfaat mendonorkan darah untuk kesehatan menurut penelitian yang dirilis oleh Universitas Columbia, AS.

1. Mengontrol jumlah zat besi.

Terkait zat besi, memiliki terlalu sedikit zat besi dapat menimbulkan masalah dalam beberapa situasi, tetapi memiliki terlalu banyak zat besi juga dapat menjadi masalah.

“Ada penyakit di mana Anda menumpuk terlalu banyak zat besi. Kelebihan zat besi mengendap di jantung Anda dan menyebabkan penyakit jantung, mengendap di hati Anda menyebabkan penyakit hati, dapat mengendap di pankreas dan menyebabkan diabetes. Dan terlalu banyak zat besi adalah hal yang buruk," kata Hod.

Pada dasarnya, dengan mendonorkan darah, Anda membuang zat besi seperti yang dilakukan oleh wanita saat menstruasi. "Laki-laki tidak memiliki cara untuk menghilangkan zat besi selain pendarahan, jadi itulah satu-satunya cara pria dapat menghilangkan zat besi," kata Hod.

2. Mengetahui penyakit yang diderita.

Anda mendapatkan pemeriksaan kesehatan saat akan mendonor darah, yang dapat mengingatkan akan masalah kesehatan yang Anda derita. Faktor-faktor seperti jumlah darah dan tekanan darah Anda diperiksa, dan Anda akan diberi tahu masalah kesehatan termasuk detak jantung yang tidak teratur juga.

Hod menambahkan Anda juga akan diperiksa untuk mengetahui apakah memiliki penyakit menular tertentu yang berhubungan dengan berkembangnya kanker darah dan gangguan neurologis dan inflamasi lainnya di kemudian hari.

3. Mengetahui golongan darah.

Mendonor darah bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui golongan darah Anda. Mengetahui golongan darah Anda berguna dalam keadaan darurat di mana Anda memerlukan transfusi darah. Dan golongan darah Anda bahkan bisa memberi petunjuk tentang predisposisi risiko kesehatan seperti serangan jantung dan jenis kanker tertentu, menurut pusat medis akademik Penn Medicine.

4. Meningkatkan kesejahteraan mental

Menurut Hod, orang yang mendonor darah juga lebih altruistik atau rendah hati, sehingga mereka cenderung menjadi orang yang lebih bahagia. “Mereka mendapat manfaat dari mendonor darah karena mereka merasa melakukan sesuatu untuk orang lain,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan seseorang yang memiliki pengalaman atau mendapatkan manfaat dari donor darah kemungkinan akan merasa lebih baik saat melakukan donor darah.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat