visitaaponce.com

Penyandang Disabilitas Irawan Mulyanto Donor Darah hingga 100 Kali

Penyandang Disabilitas Irawan Mulyanto Donor Darah hingga 100 Kali
Irawan Mulyanto atau Iwa.(Dokumentasi pribadi.)

SETETES darah sangat berharga bagi keselamatan nyawa seseorang yang membutuhkan. Tak sedikt pula yang kekurangan darah dan akhirnya meninggal dunia. Bagi yang masih ragu untuk donor darah, pengalaman Irawan Mulyanto atau yang akrab dipanggil Iwa dapat menjadi inspirasi kita semua. 

Iwa seorang penyandang disabilitas telah melakukan donor darah sejak berumur 18 tahun. Pada umur 26 tahun, Iwa mengalami kebutaan karena penyakit glukoma. Namun keterbatasan fisik yang dialaminya tidak menyurutkan langkahnya untuk terus mendonorkan darahnya hingga kini. Di usia 46 tahun Iwa tercatat telah melakukan donor darah sebanyak 100 kali lebih. Tidak heran, ia masuk nominasi Kick Andy Heroes 2023.

Iwa kecil sering ikut ayahnya untuk donor darah. Yang melatarbelakangi ayahnya rutin melakukan donor darah ialah ibunya. Pasalnya, ibunda Iwa mengalami pendarahan ketika melahirkan adiknya. Usia 18 tahun, tepat di hari ulang tahunnya, menjadi momen pertama Iwa menjadi pendonor darah merah biasa atau yang sering disebut whole blood. 

Baca juga : Penyandang Disabilitas Gol A Gong Tetap Semangat Tebarkan Literasi

Nilai-nilai dari orangtuanya membuat Iwa menjadi pribadi yang selalu ingin hidupnya bermanfaat untuk sesama. Bahkan di saat ia harus kehilangan penglihatannya, keinginannya untuk terus melakukan donor darah tidak berhenti. Iwa sampai sekarang masih rutin melakukan donor darah. 

Di kartu donornya tertulis ia sudah melakukan donor 100 kali, baik donor untuk whole blood ataupun apheresis dengan golongan darah AB dengan rhesus positif. Iwa juga pernah mendapatkan penghargaan dari Pemprov DKI Jakarta dan PMI atas prestasinya yang telah berdonor sebanyak 75 kali, kala itu. (RO/Z-2)

Baca juga : Meski Hidup Kekurangan, Ponijo Komitmen Bantu Anak-Anak Duafa

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat