visitaaponce.com

6 Manfaat Daun Alpukat, Mengatasi Gejala Asma

6 Manfaat Daun Alpukat, Mengatasi Gejala Asma
Manfaat daun alpukat bagi kesehatan(Ilustrasi)

SECARA alami, alpukat tentunya memiliki rasa yang nikmat, tekstur yang lembut, dan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Ternyata bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat. Daun alpukat juga memiliki banyak manfaat karena mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, serat, asam lemak, dan polifenol.

Lalu apa saja manfaat daun alpukat bagi kesehatan? berikut beberapa manfaat daun alpukat:

1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Daun alpukat kaya akan mineral penting seperti mangan, seng, dan kalium. Kandungan mineral ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga : Waspadai Penyakit Ginjal, Cara Pencegahan dan Gejalanya

Dalam sebuah studi tahun 2015, peneliti menemukan bahwa daun alpukat dapat menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloid pada daunnya.

2. Mengatasi Batu Ginjal

Karena adanya bahan aktif seperti saponin dan alkaloid, daun alpukat dapat digunakan untuk menghancurkan batu ginjal.

Jika Anda minum air dari rebusan dau tersebut dua hingga tiga kali sehari, batu ginjal bisa diatasi dalam waktu 7-10 hari. Mengonsumsi daun alpukat dapat menyebabkan munculnya zat seperti busa di urin Anda.

Baca juga : Daftar 10 Minuman yang Berkhasiat untuk Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Selain itu, daun alpukat juga  meningkatkan jumlah urin yang dihasilkan saat buang air kecil. Tentunya juga  membantu dalam mengatasi penyakit ginjal.

3. Meredakan Nyeri Punggung

Jika Anda sering menderita sakit punggung, cobalah mengonsumsi daun alpukat. Daun alpukat memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang dapat mengurangi nyeri di berbagai bagian tubuh, termasuk nyeri punggung.

4. Menurunkan Berat Badan

Sama seperti buahnya, daun alpukat juga bisa membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, daun alpukat mengandung tanin yang mampu menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan mendukung program penurunan berat badan.

Baca juga : 6 Manfaat Luar Biasa Air Tebu bagi Kesehatan

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Daun alpukat mengandung antioksidan bernama polifenol yang berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah.

Polifenol mencegah zat tepung atau pati yang dipecah menjadi gula, sehingga efektif mengontrol peningkatan kadar gula darah. Selain itu, polifenol  dapat membantu mengatasi peradangan penyebab resistensi insulin.

6. Mengatasi Gejala Asma

Terakhir, daun alpukat mengandung fitokimia yang memberikan efek relaksasi dan menenangkan. Oleh karena itu, mengonsumsi daun alpukat diduga dapat mengurangi sakit kepala, nyeri otot, bahkan asma.

Selain itu, daun alpukat juga mengandung pinene yang dapat memperlebar saluran pernafasan dan meningkatkan aliran udara ke paru-paru. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat