visitaaponce.com

Suka Makan Jeruk Eits, Jangan Buang Dulu Kulitnya

Suka Makan Jeruk? Eits, Jangan Buang Dulu Kulitnya
Kulit jeruk segar memiliki banyak manfaat.(123RF)

Selain menjadi makanan ringan yang lezat dan sehat untuk dikonsumsi, buah jeruk ternyata memiliki bagian kulit yang menghasilkan minyak alami atau D-limonene sehingga dapat digunakan untuk membersihkan rumah secara alami seperti bagian dapur agar tetap mengkilap, bersih, serta beraroma segar dan wangi. Kulit jeruk bagian luar juga memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh kuman-kuman di area dapur. 

Membuat pembersih alami dari kulit jeruk tak hanya bisa memangkas biaya pengeluaran untuk membeli bahan pembersih dapur dan pengharum ruangan aroma jeruk, tetapi Anda juga bisa turut berkontribusi untuk mengurangi jumlah limbah makanan yang dihasilkan dari rumah tangga.

Melansir Life Hecker pada Senin (10/4), berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan dalam menggunakan kulit jeruk untuk membersihkan dapur Anda.

1.Buat kulit jeruk jadi semprotan pembersih 
Cairan pembersih yang bisa Anda buat sendiri ini hanya membutuhkan dua bahan utama, yakni kulit jeruk dan cuka putih. Masukkan beberapa kulit ke dalam toples dan isi dengan cuka putih. Biarkan campuran tersebut meresap selama dua minggu lalu Anda bisa menyaring kulitnya, mengencerkan campuran tersebut dengan air, dan saring ke dalam botol semprot. 

Selain bisa menjadi bahan pembersih di rumah untuk menghilangkan tumpahan yang membandel dan noda berminyak di kompor, pintu kulkas, meja dapur, ubin, microwave hingga wastafel, campuran dua bahan ini akan memberikan aroma jeruk yang tahan lama. Namun, jangan gunakan semprotan ini pada furnitur kayu, karena dapat menghitamkannya.

2. Buah kulit jeruk jadi penghilang bau sampah 
Hasil pembersih alami dari kulit jeruk ini bisa digunakan untuk menghilangkan noda minyak di kulkas, kompor, atau keran. Semakin segar jeruk, semakin baik trik ini bekerja. Selain itu, cairan ini bisa disemprotkan di area pembuangan sampah untuk menghilangkn aroma bau busuk. 

Selain itu ada cara lain yang lebih sederhana untuk menghilangkan bau tak sedap dan noda membandel di area tempat sampah dapur, yaitu tuangkan es batu dan satu cangkir kulit jeruk ke tempat pembuangan sampah, lalu siram dengan air selama 30 hingga 45 detik. Setelah itu, tuangkan air panas selama 15 detik. 

3. Buat kulit jeruk jadi scrub pembersih 
Atasi tumpahan membandel dan noda berminyak di meja dapur, ubin, atau wastafel Anda dengan pembersih DIY ini. Pembuatan scrub ini menggunakan kulit jeruk utuh dan sedikit buah jeruk yang sudah diparut. 

Cara pembuatan: 
-Pertama Anda harus menggunakan kulit jeruk yang masih utuh atau segar (baru saja dikupas) dengan memarut beberapa isi jeruk. 

-Setelah Anda mendapatkan kulit dari beberapa buah jeruk (jangan ragu untuk menggabungkan jeruk, lemon, limau, jeruk bali, dan lain-lainnya) lalu sebarkan ke atas loyang dan masukkan ke dalam oven (atau oven pemanggang roti) pada suhu 170°F selama 45 menit.

-Kemudian, ubah kulit kering yang telah dipanggang itu menjadi bentuk bubuk dengan menggunakan alat blender, pengolah makanan, penggiling kopi atau bumbu, atau lesung dan alu.

-Selanjutnya, masukkan bubuk yang telah halus itu ke dalam toples kaca bersih dan masukkan beberapa bahan seperti: 
-1 sampai 2 sendok makan kulit jeruk kering
-½ cangkir soda kue
-¼ cangkir garam
-¼ cangkir soda cuci

-Kocok semua bahan yang ada di dalam toples hingga menyatu, scrub pembersih siap digunakan. 

-Untuk menggunakan scrub pembersih, taburkan pada permukaan yang kotor, lalu gosok menggunakan spons atau lap basah, atau sikat gigi bekas untuk kotoran yang lebih keras. Bilas area dengan air setelah selesai. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat