visitaaponce.com

Khawatir BB Naik Setelah Lebaran Konsumsi Ini untuk Bakar Lemak Tubuh

Khawatir BB Naik Setelah Lebaran? Konsumsi Ini untuk Bakar Lemak Tubuh
Ilustrasi hidangan lebaran(Dok. Medcom.id)

Lebaran di Indonesia identik dengan ragam hidangan berbahan santan dan daging. Hidangan yang lezat tetapi tentu saja penuh dengan lemak-lemak jahat yang bisa membuat berat badan (BB) bertambah dengan cepat. Apalagi ketika ditambah dengan mengonsumsi kue-kue lebaran yang tak kalah menggoda.

Agar tidak khawatir BB melonjak drastis setelah Lebaran, beberapa jenis makanan dan minuman ini bisa dikonsumsi untuk membantu proses pembakaran lemak di tubuh yang menumpuk.

1. Teh Hijau

Berbagai penelitian telah membuktika keampuhan the hijau untuk membantu membakar lemak tubuh. Itu karena teh hijau mengandung senyawa epigallocatechin gallate dalam jumlah yang cukup banyak. Senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi the hijau secara rutin juga bisa membantu mencegah penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Baca juga: Abaikan Sahur Dapat Menambah Berat Badan, Kok Bisa?

2. Kopi

Mengonsumsi kopi dengan takaran yang tepat, sekitar 1 hingga 3 cangkir setiap hari dapat membantu tubuh lebih cepat mengeluarkan lemak jahat. Namun, harus dipastikan kopi yang dikonsumsi adalah kopi murni alias tanpa tambahan gula, susu, atau bahan lain yang mengandung lemak dan kalori tinggi.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan pangan tinggi serat. Mengonsumsi oatmeal sebagai sumber karbohidrat pertama setelah mengonsumsi berbagai hidangan Lebaran dapat membuat asupan tubuh jadi lebih seimbang. Makanan tinggi serat juga menjadi salah satu yang paling ampuh meluruhkan lemak di tubuh.

Baca juga: Puasa Disebut Bisa Membantu Turunkan Berat Badan Secara Sehat

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu sumber lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak jadi lebih maksimal.

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate kaya akan antioksidan polifenol yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi cokelat hitam akan bisa membantu mengontrol gula darah dan tekanan darah setelah mengonsumsi hidangan berlemak dan santan selama Lebaran.

6. Telur

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau ternyata mengonsumsi telur bisa membantu tubuh dalam membakar lemak. Telur kaya akan vitamin B kolin yang berkaitan langsung dengan gen yang mengakumulasi lemak visceral. Karena itu rutin mengonsumsi telur terutama di pagi hari dapat membantu pembakaran lemak tubuh.

7. Sayuran Hijau

Tak hanya untuk pembakaran lemak, sayuran hijau juga sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mengonsumsi cukup serat dari sayuran hijau akan menyehatkan pencernaan yang membuat lemak lebih mudah terbakar.

Itu dia jenis-jenis makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk mencegah BB melonjak setelah mengonsumsi hidangan Lebaran, semoga bermanfaat ya!

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat