visitaaponce.com

Tubuh Membengkak Setelah Liburan Coba Lakukan Olahraga Terampuh Bakar Lemak Ini

Tubuh Membengkak Setelah Liburan? Coba Lakukan Olahraga Terampuh Bakar Lemak Ini
Ilustrasi olahraga jogging untuk turunkan berat badan.(AFP/Olson)

Momen libur panjang memang sangat sayang untuk tidak dinikmati dengan maksimal. Berjalan-jalan ke destinasi wisata alam, melihat keragaman budaya, hingga wisata kuliner adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu libur panjang.

Namun, sering kali momen libur panjang juga sepaket dengan kenaikan berat badan. Tentu saja karena ketika liburan, hampir setiap orang pasti ingin menikmati banyak sajian kuliner lezat atau yang belum pernah mereka coba sebelumnya.

Meski menyebalkan, tidak perlu kesal berlebihan karena dengan melakukan olahraga yang tepat lemak-lemak sisa liburan Anda di tubuh bisa segera minggat!

Baca juga: Khawatir BB Naik Setelah Lebaran? Konsumsi Ini untuk Bakar Lemak Tubuh

Berikut ini jenis-jenis olahraga yang ampuh untuk bakar lemak dengan cepat.

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga paling mudah, ringan, dan murah yang bisa dilakukan untuk membakar lemak dengan cepat. Berbagai penelitian telah membuktikannya. Salah satunya adalah yang dipublikasikan oleh Harvard Health.

Penelitian Harvard Health menyebutkan seseorang bisa membakar sebanyak 175 kalori dengan berjalan kaki santai selama sekitar 30 menit. Lakukan setiap hari agar hasilnya lebih cepat terlihat.

Baca juga: Puasa Disebut Bisa Membantu Turunkan Berat Badan Secara Sehat

2. Jogging atau lari

Jogging dan lari adalah olahraga yang juga mudah dilakukan dan sangat efektif menurunkan berat badan. Sebagai informasi, Jogging adalah lari pelan dengan kecepatan antara 6,4 hingga 9,7 kilometer per jam. Sementara lari adalah lari kecepatan menengah hingga sangat cepat, di atas 9,7 kilometer per jam.

Penelitian Harvard Health menyebutkan rata-rata setiap orang membakar sebanyak 288 kalori dengan jogging selama 30 menit. Sementara ketika lari dengan kecepatan di atas 9,7 kilometer per jam yang terbakar setiap 30 menit sebanyak 360 kalori.

3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga populer yang banyak digemari oleh kalangan segala usia. Rutin bersepeda dapat menguatkan otot-otot, tulang, dan persendian dan di saat bersamaan menurunkan berat badan.

Penelitian Harvard Health menyebutkan bersepeda dengan kecepatan rendah selama 30 menit bisa memabakar 252 kalori. Sementara dengan kecepatan sedang hingga tinggi antara 19–22 kilometer per jam selama 30 menit bisa membakar 288 kalori.

4. Latihan beban

Beberapa penelitian menyebutkan membakar lemak di tubuh tidak akan bisa maksimal kalau hanya fokus melakukan olahraga kardio seperti berlari tanpa ditunjang dengan latihan beban. Latihan beban dengan cara yang tepat dapat mempercepat pembentukan otot yang berkolerasi langsung dengan penyusutan lemak di tubuh. Tidak hanya akan menurunkan berat badan, latihan beban juga akan membuat bentuk tubuh Anda lebih atletis dan indah.

5. High Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT dikenal juga dengan metode latihan kardio intensitas tinggi yang bisa dilakukan dalam waktu singkat, yakni sekitar 10 sampai 30 menit dalam 1 kali latihan. Meski singkat, latihan HIIT menguras banyak tenaga karena dilakukan dengan cepat dan dengan jeda yang sangat pendek.

Satu putaran HIIT biasanya berupa kombinasi dari beberapa gerakan. Misalnya push up, squat jump, jumping jack, wall sit, dan abdominal crunch. Saat ini sudah banyak penjelasan tentang cara-cara melakukan HIIT beserta panduan pelaksanaannya di media sosial.

6. Berenang

Renang adalah salah satu jenis olahraga menyenagkan yang bisa membakar lemak tanpa harus berkeringat. Dengan rutin berenang, tubuh akan lebih cepat melakukan pembakaran lemak dan tentu saja membentuk otot-otot dengan maksimal.

Penelitian Harvard Health menyebutkan seseorang umumnya akan kehilangan sekitar 216 kalori dengan berenang selama 30 menit.

Itu dia olahraga yang bisa dilakukan supaya target menurunkan berat badan setelah liburan Anda bisa sukses. Selamat mencoba!

(healthline.com/Z-9)


 


 


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat