visitaaponce.com

Zeytoon Parvardeh, Hidangan Vegan Terbaik Dunia Versi Taste Atlas

Zeytoon Parvardeh, Hidangan Vegan Terbaik Dunia Versi Taste Atlas
Zeytoon Parvardeh(dok: Tasteatlas.com)

TASTE Atlas kembali membagikan daftar hidangan vegan tradisional terbaik di dunia yang diunggah di instagram. Pada daftar yang berisi 50 hidangan vegan dari berbagai negara tersebut, sebuah hidangan bernama Zeytoon Parvardeh menduduki peringkat teratas.

Zeytoon Parvardeh atau yang dikenal dengan sebutan Zaitun Acar Persia merupakan hidangan khas asal Provinsi Gilan, yang terletak di bagian utara Iran. Dalam bahasa persia, Zeytoon berarti zaitun dan parvardeh berarti diasinkan. 

Sesuai namanya, hidangan sederhana ini terbuat dari kombinasi bahan berupa buah zaitun hijau, molase delima, kacang kenari dan biji angelica yang diolah dengan rempah-rempah seperti bawang putih, ketumbar dan daun mint. 

Zaitun yang digunakan harus berwarna hijau karena rasa dari masakan tidak akan terasa jika menggunakan zaitun hitam. Selain itu, zaitun hijau memiliki rasa yang cenderung lebih asin. 

Sebagai kuliner khas Iran, Zeytoon parvardeh lazim ditemukan di hampir setiap rumah makan terutama di Kota Gilin. Selain memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, hidangan ini memiliki rasa segar dengan kombinasi manis, asam dan asin. 

Biasanya, makanan persia ini disajikan dalam kondisi dingin dan dinikmati secara tradisional sebagai hidangan pembuka atau camilan yang ditemani roti khas Iran bernama roti lavash.

Dilansir dari Iran Cuisine, Persia atau yang kini lebih dikenal sebagai Iran merupakan salah satu negara penghasil dan eksportir zaitun terbesar di dunia, terutama di Provinsi Gilan yang banyak membudidayakan zaitun selama lebih dari 2.000 tahun.

Negeri ini memiliki sejarah panjang dalam mengolah buah zaitun menjadi ragam hidangan kuliner. Sementara itu, zaitun yang secara tradisional digunakan dalam resep zeytoon parvardeh adalah jenis zaitun hijau dengan ukuran kecil dan memiliki tekstur sangat keras, buah ini tergolong sulit ditemukan di tempat lain. 

Untuk membuat zaitun acar Persia, Anda membutuhkan bahan-bahan sederhana seperti zaitun hijau, minyak zaitun, molase delima, kenari, dan rempah-rempah seperti ketumbar dan daun mint. Anda dapat membeli molase delima dari toko timur tengah atau beberapa toko daring. 

Bahan-bahan:

-12 ons zaitun hijau 
-20 biji kenari
-5 sendok makan molase delima
-½ buah delima 
-6 tangkai daun ketumbar segar
-4 sendok makan chuchagh (Eryngium planum, atau 7 tangkai daun mint segar)
-4 siung bawang putih 
-2 sendok makan minyak zaitun extra virgin

Cara Memasak:

-Tempatkan buah zaitun dalam mangkuk.

-Cuci bahan herbal segar dan masukkan ke dalam blender, bersama dengan molase delima, biji kenari, siung bawang putih, dan minyak zaitun.

-Cadangkan 2 sendok makan biji delima untuk hiasan dan tambahkan sisanya ke bahan lain yang sudah di blender.

-Campur semua bahan sampai menjadi pasta kasar.

-Tuang pasta yang dihasilkan keatas buah zaitun dan aduk sampai semuanya terlapisi.

-Taburi dengan biji delima yang sudah dipisahkan dari buahnya.

-Tutup dan rendam dalam lemari es selama 1-3 hari. Rasa semakin enak semakin lama diasinkan.

-Sajikan atau simpan di lemari es sampai siap disajikan.

Selain Zeytoon Parvardeh, hidangan vegan terlezat di dunia juga ditempati oleh guakamol dari Meksiko di posisi ke-2, muhammara dari Suriah pada posisi ke-3 dan tempe dari Indonesia berada di posisi ke-4. 

Keempat hidangan ini mengalahkan hidangan populer di kalangan dunia, seperti spaghetti aglio e olio dari Italia yang memperoleh peringkat ketujuh, mayak gimbap dari Korea Selatan di posisi 15 hingga avocado toast dari Amerika Serikat pada posisi 45.(cookingcounty/tasteatlas/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat