visitaaponce.com

Komedi Nyeleneh Asterix dan Obelix

Komedi Nyeleneh Asterix dan Obelix
Salah satu adegan dalam film terbari Asterix & Obelix.(Dok. Asterix & Obelix: The Middle Kingdom )

Film Asterix & Obelix: The Middle Kingdom berkisah tentang pelarian Putri kerajaan Tiongkok, Fu Yi (Julie Chen) dari sosok pangeran jahat Deng Tsin Quin (Bun-hay Mean).

Putri Fu Yi meminta bantuan dari suku Galia, yang kemudian membawanya berpetualang bersama duo Asterix (Guillaume Canet) dan Obelix (Gilles Lellouche) untuk membebaskan ibunya yang dipenjara setelah kudeta.

Naskah The Middle Kingdom membenturkan antara narasi serius dan kenyelenehan yang bisa diciptakan di dalamnya. Dalam kudeta serius yang dilakukan Den Tsin Quin bersama bantuan bala tentara Julius Caesar terhadap kerajaan Tiongkok, Guillaume Canet sebagai sutradara mengartikulasikannya dalam adegan-adegan komikal.

Kenyelenehan yang ingin dibawa itu juga sudah didesain sejak dari karakter yang diciptakan. Seperti Den Tsin Quin (plesetan Dancing Queen), Kah Ra Tay (karate), atau Antivirus.

Selain misi utama adalah penyelamatan sang Ratu Tiongkok, The Middle Kingdom juga menyisipkan kisah persahabatan Asterix dan Obelix sebagai bromance sejak kecil. Namun subplot yang diberikan ini terasa hanya sekadarnya dan tanpa memberikan efek empati yang kuat bagi penonton. 

Meski secara kemasan komedi absurd yang banyak diberikan cukup berhasil disampaikan, tetapi bangunan plot film ini buruk. Hal tersebut muncul dari pengadeganan dan pemeranan para aktornya yang kurang memberikan karakterisasi tiap karakternya.

Kalau ada yang cukup baik di sini adalah Vincent Cassell sebagai Julius Caesar. Ia mampu menghadirkan karakter Caesar yang narsisistik, agung tapi dipelintir menjadi sosok yang konyol dan tanpa wibawa.

Kebucinannya pada Cleopatra (diperankan secara singkat di layar oleh Marion Cotillard), juga memberikan dimensi karakter ini di film.

Cassel juga dengan apik menampilkan karakter komikal tanpa harus membuat dia mencoba melucu.

Dari segala kekurangan The Middle Kingdom, satu yang bisa dinikmati di film ini adalah keabsurdan komedinya.

Mulai dari konsep kirim pesan dengan burung merpati tapi ala ponsel pintar, kemunculan sosok pangeran bambu misterius, atau bagaimana pesepakbola Zlatan Ibrahimovic yang berperan sebagai antivirus bertingkah seperti ia keluar lapangan ketika cedera.

Asterix & Obelix: The Middle Kingdom tayang di jaringan bioskop Indonesia pada 26 April. (M-2)

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat