visitaaponce.com

Merekam Perjalanan 8 Perupa di Megar Lan Nawasena

Merekam Perjalanan 8 Perupa di Megar Lan Nawasena
Pengunjung menikmati pameran(Dok Megar Lan Nawasena)

MAHASISWA program studi tata kelola seni fakultas seni rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta merekam perjalanan delapan seniman melalui pameran Megar Lan Nawasena. Pameran berlangsung pada 4-10 Mei di Studio Kalahan, Sleman, Yogyakarta.

Kedelapan perupa tersebut yakni Dyan Anggraini Rais, Frans Gupita, Ismanto Wahyudi, Justina Tri Sudjatmi, Laila Tifah, Mayek Prayitno, Ruswanto dan Teguh Paino. Mereka menghadirkan total 27 karya dengan ciri khas masing-masing. Seperti, Dyan Anggraini Rais yang kerap membawa tema keperempuanan dan tradisi Jawa dalam karya-karyanya. 

Megar Lan Nawasena diambil dari bahasa sansekerta, Megar mengartikan mekar dan Nawasena mengartikan masa depan yang cerah. Melalui pameran ini, ingin menceritakan perjalanan para seniman yang dibalut dengan gambaran sebuah bunga mawar. Mengedepankan esensi dari proses tumbuh mekarnya mawar (Megar) hingga menjadi suatu bunga yang indah seutuhnya (Nawasena).

“Sebagai seniman pasti selalu memperjuangkan kebebasan dalam berekspresi, karena bebas berkarya sama dengan merdeka. Dalam memperjuangkan kemerdekaan tersebut pasti melewati proses yang panjang dan juga sakit,” ungkap seniman Justina Tri Sudjatmi dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Senin (8/5).

Baca juga: Peringati Hardiknas, UPI Gelar Pameran Lukisan Karya Mahasiswa

Melalui karya-karya yang dihadirkan, pameran ini ingin menunjukkan pentingnya proses dalam perjalanan hidup lewat refleksi delapan perupa. Harapannya bisa menjadi penyemangat bagi penikmat seni. Menjadikan pameran ini wadah untuk berbagi cerita mengenai hiruk-pikuk kehidupan yang telah dilewati. 

“Konsep pameran ini mengedepankan esensi semua yang terjadi dan belum terjadi itu memerlukan proses. Hasil yang akan didapatkan bukan lah fokus utama ketika kita meraihnya," kata kurator Farrel Yudha.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat