visitaaponce.com

Belajar dari Kasus Virgoun, Ini yang Harus Dilakukan saat Tau Pasangan Doyan Selingkuh

Belajar dari Kasus Virgoun, Ini yang Harus Dilakukan saat Tau Pasangan Doyan Selingkuh
Penyanyi Virgoun yang dituduh berselingkuh.(Dok. Tangkapan Layar Youtube Virgoun)

Satu bulan terakhir ini media diramaikan dengan pemberitaan tentang kasus dugaan perselingkuhan penyanyi Virgoun. Pelantun lagu Surat Cinta untuk Starla itu disebut sang istri gemar selingkuh dengan banyak wanita. Gerah dengan sikap Virgoun, istrinya yang bernama Inara melaporkan Virgoun dan seorang wanita ke polisi atas tuduhan perzinahan.

Kasus perselingkuhan tentu bukan hal baru yang terjadi di masyarakat. Bukan hanya kalangan pesohor, di masyarakat umum hingga pejabat perselingkuhan kerap terjadi. Sangat disayangkan karena kesetiaan adalah hal yang sangat penting dalam sebuah pernikahan.

Kesetiaan tidak hanya dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, tetapi juga untuk menjaga diri dan pasangan dari berbagai penyakit dan kompleksitas hidup lainnya.

Baca juga: Ini Beberapa Red Flag dalam Hubungan

Lalu ketika menemukan fakta bahwa pasangan ternyata tidak setia hal apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan ketika Anda mengetahui pasangan ternyata doyan selingkuh dilansir dari Psychology Today.

1. Tes Kesehatan

Meski pasti secara emosi masih terguncang dan sulit untuk berpikir, Anda tetap harus berusaha tegar dan berpikir logis ketika menghadapi fakta telah diselingkuhi. Kesampingkan dulu emosi Anda dan utamakan kesehatan diri Anda.

Harus disadari berganti-ganti pasangan adalah salah satu bentuk dari perilaku seksual berisiko. Semakin sering seseorang berganti-ganti pasangan seksual, semakin besar pula risiko ia mengidap penyakit atau infeksi menular seksual.

Ada banyak jenis penyakit menular seksual yang bisa menjangkiti Anda akibat pasangan gemar selingkuh. Mulai dari herpes, sifilis, hingga HIV. Semuanya adalah penyakit yang bisa membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan tepat dan segera.

Baca juga: Ini Tips Memulihkan Trauma akibat Perselingkuhan Sebelum Mulai Hubungan Baru

Karena itu, demi kebaikan dan kesehatan Anda, segera periksakan diri ke dokter begitu mengetaui pasangan Anda melakukan kegiatan seks berisiko.

2. Ambil Waktu Jeda

Ketika sudah melakukan tes kesehatan, Anda bisa mulai memikirkan langkah apa yang selanjutnya akan dilakukan. Namun, jangan terlalu memaksakan diri untuk mengambil keputusan saat emosi masih menguasai diri Anda.

Cobalah ambil jeda waktu beberapa saat untuk menenangkan pikiran Anda. Pilihlah tempat yang nyaman dan jauh dari intervensi pihak-pihak luar. Gunakan waktu tersebut untuk merenungi perjalanan pernikahan Anda. Dengan begitu Anda juga akan bisa memilah, merefleksi diri, dan mulai menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

3. Ajak Pasangan Berkomunikasi

Perselingkuhan kerap kali terjadi akibat komunikasi yang buruk dalam sebuah pernikahan. Jika memungkinkan, cobalah ajak pasangan Anda untuk berkomunikasi untuk membicarakan apa Anda berdua sebenarnya rasakan.

Namun, pastikan momen diskusi tersebut dilakukan dalam kondisi pikiran yang telah tenang dan tidak emosi. Dengan begitu obrolan bisa berjalan lebih baik, terbuka, dan tidak berakhir dengan saling menyalahkan.

4. Cari Mediator

Tidak semua kondisi pernikahan yang sudah dinodai dengan perselingkuhan bisa tetap berjalan damai. Kebanyakan tensi di antara keduanya akan meningkat dan mudah tersulut emosi. Jika demikian, jalan paling baik untuk berkomunikasi adalah dengan melibatkan mediator.

Usahakan jangan mencari mediator dari pihak luar yang bisa memperkeruh suasana, seperti langsung menggunakan jasa pengacara untuk berkomunikasi. Cobalah meminta pihak yang Anda berdua kenal baik untuk membantu berkomunikasi. Bisa dari teman, keluarga, atau psikolog lebih dulu.

5. Jangan Buru-buru Ambil Keputusan

Dalam kondisi emosi, seseorang akan lebih berisiko membuat keputusan yang salah. Cobalah menunggu beberapa hari saat akan membuat keputusan penting. Misalnya apakah pada akhirnya Anda akan menggugat cerai atau memilih rujuk.

Ketika akan berpisaha misalnya, Anda harus mempertimbangkan bagaimana proses perceraian akan dilakukan. Pelajari dengan baik hal-hal yang Anda butuhkan serta risiko dari perceraian di pengadilan, terutama ketika Anda sudah memiliki anak.

6. Pertimbangkan Langkah Hukum

Di Indonesia perselingkuhan yang dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah bisa dibawa ke ranah pidana, yakni tentang perzinahan. Kalau memang merasa tak ada lagi langkah secara baik-baik yang bisa dilakukan, hal ini bisa dipertimbangkan untuk memberikan efek jera bagi pasangan.

Namun, langkah hukum akan membutuhkan energi besar dari Anda. Mulai dari proses administrasinya, proses pemeriksaan, persidangan, hingga proses-proses lainnya. Hubungan Anda dan pasangan serta keluarganya kemungkinan juga akan memburuk ketika langkah ini dipilih. Karena itu, pertimbangkan dengan matang saat akan melakukannya.

Itulah hal-hal yang bisa dan Anda lakukan ketika mendapati pasangan Anda berselingkuh. Ingat, lakukan semuanya dengan kepala dingin dan pertimbangan matang, ya!

(Z-9)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat