visitaaponce.com

Patung Laba-laba Louise Bourgeois Laku Hampir Rp500 Miliar

Patung Laba-laba Louise Bourgeois Laku Hampir Rp500 Miliar
salah satu patung laba-laba karya Louise Bourgeois(Peter PARKS / AFP)

Sebuah patung laba-laba raksasa yang dibuat oleh seniman Prancis-Amerika Louise Bourgeois terjual $32,8 juta (hampir Rp500 miliar) pada acara lelang, di Hong Kong, Kamis (18/5). Menurut balai lelang Sotheby's, nilai tersebut mencetak rekor untuk karya seorang pematung perempuan pada sebuah acara lelang.

Patung yang tingginya lebih dari 10 kaki dan lebar 18 kaki diselesaikan oleh Bourgeoise pada tahun 1996 dan merupakan salah satu dari hanya empat laba-laba monumental yang muncul di acara lelang itu. Namun, seperti biasa pihak Sotheby's tidak mengungkapkan pembelinya. Penjualnya adalah Fundacao Itau dari Brasil, yang memperoleh karya itu lebih dari 25 tahun lalu.

Bourgeois, yang meninggal pada 2010 pada usia 98 tahun, lahir di Paris tetapi menghabiskan sebagian besar masa dewasanya di New York, tempat ia dikenal karena seni instalasi ikoniknya.

Dia adalah seorang pelukis dan pembuat grafis yang produktif tetapi menjadi terkenal karena pahatannya yang berskala besar, terutama laba-laba yang gesit dan kurus. Serangga itu, menurutnya, selalu membangkitkan ingatan akan ibunya, baik sebagai ancaman yang menyeramkan maupun sebagai tukang reparasi dan penenun yang rajin.

Laba-laba monumental borjuis telah muncul di ruang publik seperti Museum Guggenheim Bilbao di Spanyol, Tate Modern di London, Museum Seni Modern San Francisco, dan Galeri Seni Nasional di Washington, Amerika Serikat. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat