visitaaponce.com

Gojek Hadirkan Fitur Koleksi Juara Lokal di GoFood

Gojek Hadirkan Fitur Koleksi Juara Lokal di GoFood
(Ki-ka) Febry Setiawan, pemilik Ayam Goreng Berkah Rachmat, perwakilan Gojek Gede Manggala, Manajer Ayam Goreng Berkah Arieono Sudadi(Dok. Gojek)

Gojek, unit bisnis on-demand service dari Grup GoTo menghadirkan fitur Koleksi Juara Lokal di layanan GoFood. Pada fitur tersebut, pengguna dapat melihat tempat makan yang memiliki menu-menu khas daerah dan telah terkenal dengan cita rasa enak dan relatif digemari masyarakat.

Head of Regions & External Affairs Gojek Gede Manggala menjelaskan, Koleksi Juara Lokal GoFood telah dikurasi secara khusus berdasarkan rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit masyarakat setempat, serta UMKM kuliner lokal yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki potensi untuk terus berkembang. Ia mengatakan butuh waktu sekitar 3 bulan untuk mengurasi UMKM yang cocok menjadi Juara Lokal GoFood.

"Tentu saja karena ini tentang juara, ya makanannya harus enak, dan ini makanan yang memang mewakili khas daerah tersebut atau khas Nusantara. Tentu juga performance dari restorannya di platform kita juga cukup bagus," kata Gede, ketika konferensi pers di Jakarta, Kamis (25/4).

Hasil riset Alvara Research Center pada 2022 mengungkapkan, makanan nusantara atau makanan daerah menjadi kategori makanan yang paling banyak dijual oleh UMKM Indonesia dengan proporsi mencapai 42,3% dari total responden yang diwawancarai. Hal ini juga yang mendorong Gojek untuk mengambil peran aktif dalam membantu kemajuan UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah. 

Ia mengatakan, Koleksi Juara Lokal GoFood pertama kali diluncurkan di Bali pada November 2022 bersamaan dengan perhelatan forum dunia yakni KTT G20. Kini, Koleksi Juara Lokal GoFood telah diperluas ke kota-kota lainnya, mulai dari Makassar, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bandung, dan Jabodetabek.

Lebih lanjut, Gede mengemukakan, Koleksi Juara Lokal GoFood menjadi salah satu wujud upaya Gojek melalui GoFood untuk terus mendorong UMKM kuliner lokal yang telah go digital agar tetap eksis, bahkan meningkatkan usahanya secara berkelanjutan.
“Melalui Koleksi Juara Lokal GoFood, kami ingin memberikan kesempatan dan visibilitas yang sama kepada UMKM kuliner lokal agar dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir beberapa mitra GoFood yang masuk dalam kurasi Juara Lokal GoFood untuk wilayah Jakarta, yaitu Soto Betawi H. Ma'ruf dan Ayam Goreng Berkah Rachmat.

Pemilik Soto Betahi H. Ma'ruf, Mufti Maulana, mengutarakan, kolaborasinya dengan GoFood turut membantu pengembangan usaha yang dirintis sejak 1943 itu, termasuk peningkatan omzet hingga 30%. Manfaat serupa juga dikemukakan Febry Setiawan, empunya Ayam Goreng Berkah Rachmat.

"Di era digital, kami harus terus adaptif untuk menjaga daya saing. Hal ini yang mendorong Ayam Goreng Berkah Rachmat bergabung dengan GoFood sejak 6 tahun lalu dan terbukti usaha kami makin berkembang, terlihat dari kenaikan omzet sebesar 5% - 10% tiap tahunnya. Bahkan, ketika pandemi melanda, 60% dari total penjualan kami berasal dari GoFood." (RO/M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat