visitaaponce.com

Ini Manfaat dan Cara Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan saat Mentruasi

Ini Manfaat dan Cara Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan saat Mentruasi
Ilustrasi menstruasi pada perempuan.(Emedihealth)

KEBERSIHAN organ kewanitaan adalah hal yang sangat penting diperhatikan oleh setiap perempuan, terutama saat menstruasi. Pembalut yang digunakan selama masa menstruasi juga hal yang harus sangat diperhatikan kebersihannya. Karena jika tidak, pembalut ketika menstruasi adalah salah satu tempat berkumpulnya kuman dan bakteri.

Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan dari Universitas Indonesia Astrid Teressa mengatakan idealnya pembalut diganti maksimal setiap empat jam sekali. Ia mengatakan mengganti pembalut setiap empat jam saat haid bisa membantu mencegah kulit di organ kewanitaan teriritasi akibat lembap ataupun gesekan.

"Kalau pembalut dipakai lama, tidak diganti, itu area sekitar jadi lembap, mudah iritasi," dia dalam diskusi di Jumat, (7/7).

Baca juga: Diabetes Dapat Sebabkan Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Para perempuan disarankan tetap mengganti pembalut saat haid setiap empat jam sekali terlepas dari banyak atau tidaknya darah yang keluar. Hal itu menjadi salah satu cara menjaga kesehatan di organ intim kewanitaan.

"Astrid lalu mengatakan, pembicaraan mengenai area kewanitaan bagi sebagian masyarakat masih menjadi hal yang tabu. Hal ini dapat mengarah pada kurangnya edukasi dan pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kesehatan area kewanitaan terutama bagi remaja putri," kata Astrid.

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Manfaat Menstrual Cup

Selain mengganti setiap empat jam sekali, ini hal-hal lain yang bisa dilakukan agar organ kewanitaan tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya selama menstruasi.

1. Bersihkan dengan tepat

Selain mengganti pembalut rutin, termasuk di luar haid, seorang perempuan juga perlu membersihkan organ intimnya menggunakan air bersih menggunakan cara yang tepat yakni dari depan ke belakang.

2. Penggunaan pembersih khusus

Penggunaan cairan pembersih khusus diperbolehkan namun sebaiknya tak setiap saat. Sementara itu, penggunaan scrub pada organ kewanitaan tidak disarankan karena bisa berpotensi menyebabkan lecet.

3. Pakaian dalam berbahan halus

Lebih lanjut mengenai upaya menjaga kesehatan organ intim, dia menyarankan kaum perempuan mengenakan pakaian dalam yang lembut dan menyerap keringat salah satunya demi mencegah lecet pada kulit saat melakukan aktivitas.

4. Pilih produk pembalut berkualitas tinggi dan sesuai kebutuhan

Astrid juga menyarankan untuk tidak asal pilih pembalut. Pilihlah yang memiliki kualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hal itu bukan hal yang sulit karena sudah terdapat banyak jenis pembalut yang dijual dipasaran.


(Ant/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat