visitaaponce.com

Sedang Jalankan Progam Kehamilan CobaLakukan Tips Ini

Sedang Jalankan Progam Kehamilan? Coba Lakukan Tips Ini
Dalam melakukan program kemilan perlu memperhatikan beberapa hal agar program kehamilan bisa berhasil.(Ist/)

MEMILIKI keturunan merupakan dambaan bagi kebanyakan pasangan. Oleh karena itu, tak jarang mereka melakukan program kehamilan (promil) demi mendapatkan keturunan sesuai yang diharapkan.

Dalam melakukan promil perlu memperhatikan beberapa hal agar promil bisa berhasil. Beberapa hal itu di antaranya adalah gaya hidup, pola makan sehat, dan pemenuhan nutrisi.

Ketiga faktor tersebut sangat mempengaruhi kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita. Dan inilah yang akan menentukan keberhasilan suatu promil. 

Baca juga: Kerja Sif Malam Bisa Ganggu Kesuburan Perempuan

Selain itu berbagai gangguan kesehatan reproduksi juga bisa menjadi penghalang bagi jalannya program hamil. Salah satunya, yang cukup marak akhir-akhir ini adalah Polycystic ovary syndrome (PCOS). 

Alami PCOS Sulit Lakukan Promil

Sehingga jika calon bumil yang mengalami PCOS akan kesulitan dalam melakukan program hamil. Maka dari itu mengatasi PCOS ini menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan dalam melakukan promil.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan program kehamilan!

1. Gaya Hidup Sehat

Memiliki gaya hidup sehat menjadi penunjang keberhasilan jalannya suatu program kehamilan. Gaya hidup sehat yang dimaksud adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Selain itu juga perlu untuk menjaga pola tidur yang sehat dengan tidak terbiasa begadang. Juga, tidak memiliki kebiasaan merokok serta minum minuman keras. Apalagi jika sampai mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Baca juga: Yoga Bisa Bantu Ibu Hamil Relaks 

Merokok bukan hanya tidak baik untuk kesehatan paru-paru, tapi juga untuk kesuburan pria dan wanita.

Kebiasaan ini dapat menurunkan kualitas, bentuk, dan jumlah sperma yang sehat saat menjalani program kehamilan. 

Selain itu, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa kebiasaan merokok kronis dapat menyebabkan kerusakan ovarium yang tidak dapat diperbaiki, produksi sel telur yang lebih sedikit, serta kualitas telur yang lebih rendah.

Adapun kebiasaan begadang dapat membuat kita lebih mudah stres. Sedangkan jika seseorang sedang stres maka akan sangat berpengaruh bagi keberhasilan program hamil.

Bagi wanita, stres jangka panjang dapat mengurangi gairah seks dan mengurangi lendir serviks. Sementara untuk pria, stres dapat mengurangi jumlah sperma dan keinginan untuk berhubungan seks.

2. Olahraga Teratur

Masih berkaitan dengan gaya hidup sehat, melakukan olahraga teratur juga berpengaruh dalam program hamil. Tubuh yang bugar diyakini dapat meningkatkan kesuburan seseorang.

Selain itu dengan rutin berolahraga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar hormon stres, dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi yang diperlukan untuk pembuahan. 

Maka dari itu olahraga rutin menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan program kehamilan.

3. Pola Makan Sehat dan Pemenuhan Nutrisi

Selama menjalankan program kehamilan sebaiknya pasangan suami istri menjaga pola makan yang sehat. Hindari junk food, karena makanan cepat saji ini dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. 

Obesitas itu sendiri juga dapat mengakibatkan efek tekanan darah tinggi yang dapat mengganggu perkembangan janin dan bisa menyebabkan infertilitas.

Baca juga: Ini Daftar Tes Kesuburan untuk Pasangan yang Ingin Memiliki Anak

Kemudian ada beberapa nutrisi penting yang harus dipenuhi dalam melakukan program hamil. Di antaranya adalah zinc, asam folat, zat besi, omega 3, serat, kalsium dan probiotik.

Maka dari itu dalam promil Bunda membutuhkan suplementasi untuk memenuhi beberapa kebutuhan nutrisi tambahan tersebut.

Tentunya juga tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin sesuai pedoman ‘isi piringku’ yang telah dianjurkan oleh Kemenkes.

Penuhi Nutrisi untuk Program Hamil

"Salah satu suplemen yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam program hamil yaitu Bemomio," kata ujar formulator Bemomio apt. Amat Defit dalam keterangan, Jumat (16/6)

Suplemen herbal ini terbuat dari bahan-bahan alami yang mengandung berbagai zat penting yang dibutuhkan tubuh selama promil maupun saat hamil.

"Bemomio terbuat dari madu, minyak zaitun dan temulawak. Madu, cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ini menjadi perhatian dengan berbagai penelitian menunjukkan khasiatnya yang cukup lengkap dan sangat baik untuk tubuh," jelasnya.

Baca juga: Tes Darah lebih Dini dapat Mengungkap Penyebab Keguguran

"Madu mengandung enzim, asam amino, asam organik, fitokimia, karotenoid, flavonoid, vitamin (vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, niasin, asam folat), dan mineral (zat besi dan zinc)," kata Amat.

Zat Penting yang Optimalkan Fungsi Organ Reproduksi

Berbagai zat penting tersebut dapat mengoptimalkan fungsi organ reproduksi serta meningkatkan kesuburan dan vitalitas wanita. Adapun vitamin dan mineral dalam madu sangat baik sebagai suplemen dalam mempersiapkan kehamilan. 

“Selain itu madu juga bermanfaat untuk mengurangi keparahan gejala PCOS bahkan sebagai terapi penyembuhan dengan cara mengontrol kadar gula darah dan kadar LDL (kolesterol jahat), serta menghambat inflamasi,”  jelas apt. Amat Defit.

Kemudian minyak zaitun, ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi hormon reproduksi, menjaga keseimbangan hormon reproduksi, menekan produksi hormon androgen, sehingga sangat baik untuk terapi dan mencegah keparahan gejala PCOS.

Baca juga: Jangan Sepelekan Stres saat Hamil! Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Adapun temulawak bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan ovari, meningkatkan kualitas sel telur (oosit), dan memicu ovulasi (pelepasan sel telur), sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Tidak hanya itu, temulawak juga dapat menekan produksi hormon androgen dan resistensi insulin pada penderita PCOS, menyeimbangkan hormon reproduksi, serta mencegah stres oksidatif.

Manfaat dari ketiga  bahan tersebut berkesinambungan sehingga membuat Bemomio efektif untuk promil. 

Bahannya yang hanya terdiri dari bahan herbal pun membuatnya sangat aman untuk digunakan sebagai penunjang promil. Sehingga Bunda yang alergi terhadap obat tertentu tetap aman mengonsumsinya.

"Bemomio juga sudah memiliki izin edar BPOM (POM TR193628361) dan Halal (ID33110000225671121), sehingga aman untuk dikonsumsi. Jadi, jangan ragu lagi ya untuk promil bersama Bemomio!," ujar Amat. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat