visitaaponce.com

Jangan Sepelekan Stres saat Hamil Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Jangan Sepelekan Stres saat Hamil! Ini Gejala dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi gejala keluhan selama kehamilan.(Dok.Verywell Family)

Jangan sepelekan apabila Anda mengalami stres dan depresi saat sedang hamil, pasalnya kondisi ini berbahaya bagi kehamilan. Baik bagi Anda sendiri serta bayi yang dikandung. Penanganan yang diberikan juga tidak bisa sembarangan.

Lantas apa yang harus dilakukan agar tidak mengalami stres saat hamil? Nah, sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya pahami dulu seperti apa gejalanya. Yuk di scroll sampai ke bawah.

Gejala Stres dan Depresi

Pada banyak kasus, ibu hamil tidak sadar kalau dirinya stres atau depresi. Saat hamil, wanita memang mengalami berbagai perubahan. Salah satunya adalah suasana hati. Perubahan kondisi psikologis tersebut dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh ibu hamil. Padahal, stres dan depresi bukanlah perubahan psikologis yang normal dalam masa kehamilan.

Baca juga: Ibu Bayi Kembar Lima di Jaktim Meninggal Setelah Melahirkan, Apa Saja Risiko Hamil Kembar? Ini Penjelasannya

Agar tidak terlambat melakukan penanganan, berikut ini gejala stres dan depresi pada ibu hamil yang harus diantisipasi:

1. Sulit tidur atau justru ingin tidur terus

2. Suasana hati senantiasa buruk dan sedih

3. Merasa tidak berharga, tidak dihargai, dan putus asa

4. Berpikiran pesimis soal kehamilan dan bayi yang dikandung

5. Tidak bertenaga dan tidak bersemangat

6. Kehilangan minat terhadap hal-hal yang tadinya dinikmati

7. Menarik diri dari lingkungan sosial

8. Selera makan hilang atau bertambah secara signifikan

9. Berpikiran untuk bunuh diri

Baca juga: Meredupkan Lampu Sebelum Tidur Dapat Kurangi Risiko Diabetes Gestasional

Cara Mengatasi Stres Ibu Hamil

Melihat gejala itu menyeramkan bukan? Nah, untuk terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan berikut ini adalah cara mengatasi stres pada ibu hamil:

1. Buat Suasana Lebih Rileks

Suasana rileks bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan tenteram. Tentunya hal ini merupakan kondisi yang dibutuhkan oleh setiap ibu sebagai cara mengatasi stres saat hamil. Anda bisa memasang aromaterapi di dalam rumah atau memasang musik favorit agar suasana hati menjadi lebih baik.

2. Konsultasi dengan Dokter

Ciri-ciri stres pada ibu hamil dapat dikonsultasikan ke dokter terutama bila sudah terjadi berkepanjangan atau ketika kadar stres semakin hari semakin memberat. Tujuannya tentu agar kesehatan si janin dan ibu dapat dijaga dengan baik.

3. Olahraga

Lakukan olahraga yang bisa menenangkan pikiran seperti pilates, yoga, ataupun jalan santai di pagi hari. Melakukan olahraga tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, namun juga membantu ibu hamil melupakan sejenak stres yang sedang dialami.

4. Lakukan Aktivitas Favorit

Anda dapat mengajak ibu hamil untuk melakukan kegiatan yang disukai dimulai dengan hobi atau kegiatan yang belum pernah dilakukan. Untuk menjaga kestabilan emosinya, Anda juga bisa membawa ibu hamil rutin memeriksakan kondisinya ke rumah sakit.

Sangatlah penting untuk selalu rutin memeriksakan kondisi kehamilan ibu dan calon bayi dengan datang ke dokter. Selain itu, mengelola stres dengan bijak juga merupakan cara yang baik agar ibu hamil dapat menikmati masa kehamilan sekaligus menjaga kesehatan diri dan calon bayi.

Itulah gejala dan cara mengatasi stres dan depresi pada ibu hamil. Jika Anda atau orang sekitar Anda yang sedang hamil menunjukkan gejala-gejala tersebut, jangan ragu untuk segera membantu melakukan penanganan, ya!

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat