visitaaponce.com

Ilmuwan Temukan Rekaman Adegan Duel Maut Mamalia VS Dinosaurus

Ilmuwan Temukan 'Rekaman' Adegan Duel Maut Mamalia VS Dinosaurus
Fosil perkelahian antara mamalia sejenis Musang dengan Dinosaurus( Gang Han / Canadian Museum of Nature / AFP)

Seekor mamalia mirip musang menancapkan giginya ke tulang rusuk dinosaurus yang ukurannya tiga kali lebih besar. Pertarungan yang tidak seimbang itu terekam dalam tumpukan abu vulkanik yang mengubur kedua hewan itu sekitar 125 juta tahun yang lalu.

Adegan pertarungan itu diawetkan secara alami pada fosil yang ditemukan di Tiongkok. “Temuan itu menunjukkan bahwa mamalia kecil pernah memangsa dinosaurus yang menguasai Bumi selama periode Cretaceous lebih dari yang diperkirakan sebelumnya,“ kata para ilmuwan, Selasa (18/7)

Jordan Mallon, ahli paleontologi di Museum Alam Kanada, mengatakan ketika dia pertama kali melihat fosil itu, ia sangat terkejut. “Mata saya terbelalak,” ujarnya.

Mallon, salah satu penulis studi baru yang dipimpin oleh para peneliti Tiongkok mengatakan mereka percaya fosil itu adalah yang pertama kali ditemukan yang menunjukkan mamalia dan dinosaurus saling bertarung.

Selama ini, mamalia pada umumnya dianggap terlalu kecil untuk memangsa dinosaurus yang mendominasi dunia selama puluhan juta tahun yang mereka tinggali bersama di Bumi.

Tetapi fosil tersebut menunjukkan Repenomamus robustus seukuran musang duduk di atas Psittacosaurus lujiatunensis, dinosaurus pemakan tumbuhan yang tingginya 120 sentimeter (47 inci) dan memiliki paruh seperti burung beo.

Mamalia it salah satu yang terbesar pada masanya tetapi masih sepertiga berat dinosaurus, menancapkan gigi tajamnya ke tulang rusuk dinosaurus dan mencengkeram kakinya.

“Posisi kedua hewan itu menunjukkan bahwa mamalia tersebut tidak sedang mengais-ngais bangkai dinosaurus,” kata Mallon.

"Dinosaurus telah roboh dan menjepit kaki belakang mamalia itu di lipatan lututnya. Itu menunjukkan keduanya sedang berkelahi.” katanya.

Meskipun mamalia jarang memangsa hewan yang jauh lebih besar dari mereka, Mallon mengatakan salah satu contohnya adalah bagaimana wolverine (sejenis beruang) berburu karibu (rusa kutub) yang jauh lebih besar. “Namun, tidak diketahui apakah Repenomamus berburu sendirian atau berkelompok, “ katanya.

Kerangka kedua hewan yang hampir seluruhnya lengkap itu ditemukan di Provinsi Liaoning timur laut Tiongkok pada tahun 2012.

Mereka ditemukan di sebuah situs yang dijuluki "Chinese Pompeii" karena banyaknya dinosaurus dan hewan lain yang ditemukan terawetkan oleh sisa-sisa abu vulkanik di sana, mirip dengan Kota di zaman Romawi kuno itu (Pompeii).

Fosil pertama yang menunjukkan bahwa mamalia memangsa dinosaurus ditemukan juga ditemukan di Tiongkok pada tahun 2005. Temuan itu menunjukkan bayi Psittacosaurus berada di dalam perut Repenomamus. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat