visitaaponce.com

Mengenal Scaling Gigi, Biaya, Prosedur, Tujuan, dan Efek Samping

Mengenal Scaling Gigi, Biaya, Prosedur, Tujuan, dan Efek Samping
Ilustrasi pembersihan gigi dengan scaling.(Garden Dental Clinic)

MEMILIKI gigi yang sehat dan bersih tentunya akan menjadi impian bagi semua orang karena dapat meningkatkan rasa percaya diri. Nah, salah satu membuat gigi yang sehat dan bersih dapat dilakukan dengan cara scaling gigi atau metode menghilangkan karang pada gigi.

Penasaran apa itu scaling gigi? Bagaimana prosedurnya? Biaya serta efek samping dari scaling gigi? Mari simak penjelasan berikut ini

Pengertian Scaling Gigi

Scaling gigi adalah prosedur pembersihan karang gigi yang menggunakan alat dengan disebut ultasonic scaler. Karang gigi adalah tumpukan plak yang menempel dan mengeras pada lapisan permukaan gigi serta hal ini membuat tampilan menjadi tidak terawat.

Plak berawal dari sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, terutama pada makanan yang mengandung gula dan tepung. Karang gigi mengandung bakteri yang menyebabkan periodentitis, kerusakan gigi, bahkan copot gigi, jika tidak dibersihkan secara rutin.

Baca juga: Obat Kumur Ternyata Tingkatkan 20 Persen Kebersihan Gigi

Alat ultrasonic scaler akan memberikan getaran yang dapat menghancurkan dan merontokkan karang pada sela-sela bahkan bagian terdalam gigi. Alat ini mampu membersihkan karang pada garis gusi yang susah dijangkau dengan bulu sikat gigi.

Scaling kerap dilakukan berbarengan dengan dengan root planning atau biasa disebut dengan deep cleaning. Scaling dapat menghilangkan karang dari permukaan, sedangkan root planning menghilangkan dari akar gigi di bawah garis gusi.

Tujuan Scaling Gigi

Scaling memiliki beberapa tujuan selain membuat gigi menjadi bersih, diantaranya:

• Mencegah penyakit gusi.

• Mencegah pembentukan poket (kantong terbentuk ketika penumpukan plak secara berkelanjutan dan menyebabkan gusi kehilangan kontak eratnya dengan gigi yang mendukung lebih banyak plak untuk disimpan). Semakin dalam kantong akan membuat penyakit gusi berkembang.

• Menghilangkan plak dan karang gigi yang tidak dapat dijangkau sikat gigi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri, tanpa ke Dokter

Manfaat Scaling Gigi

Secara umum, manfaat yang dapat dirasakan adalah membuat gigi bersih dan mencegah bau mulut. Scaling gigi tentunya akan terasa sekali manfaatnya bagi orang yang menderita periodontal kronis, perawatan kesehatan gigi ini merupakan standar pengobatan dalam menjaga kesehatan gigi.

Melakukan perawatan gigi secara teratur juga penting bagi orang yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit gusi dan masalah gigi lainnya. Kalian yang memiliki kerusakan gigi secara signifikan, perokok atau mengidap diabetes, maka scalling gigi dapat meminimalisir risiko masalah mulut dan gigi.

Prosedur Scaling Gigi

Sebelum melakukan scaling gigi pastinya kita harus mengetahui langkah dan prosedur apa saja yang akan dilakukan oleh dokter, simak penjelasan berikut ini:

• Memberikan obat bius lokal untuk menghilangkan nyeri yang mungkin muncul selama proses pembersihan karang gigi dan plak.

• Membersihkan karang gigi dengan menggunakan alat pengikis ultrasonik yang dapat mengeluarkan getaran.

• Dokter akan menggunakan scaler atau pengikis manual untuk menjangkau area yang tidak tercapai oleh alat pengikis ultrasonik.

• Akan dilakukan polishing gigi atau poles gigi bertujuan menghilangkan noda yang dihasilkan oleh karang gigi.

Perawatan Setelah Scaling

Setelah melakukan scaling gigi biasanya dokter akan memberikan antibiotik, obat kumur, dan jadwal untuk memeriksa dan memastikan bahwa kondisi gigi dan mulut pasien telah sembuh total.

Dalam menjaga kesehatan gigi setelah scaling, pasien dapat melakukan:

• Menggosok gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride atau triclosan.

• Membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

• Menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik.

• Mengurangi konsumsi makanan manis dan bertepung.

• Tidak merokok.

• Menjalani pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali.

Efek Samping Scaling Gigi

Prosedur aman yang dapat dilakukan untuk merawatan kesehatan gigi agar terlihat lebih bersih dan sehat tentunya harus rutin melakukan scaling gigi, namun meskipun telah melakukan prosedur tersebut dapat menimbulkan efek samping seperti gigi sensitif, nyeri, atau pendarahan di gusi.

Biaya Scaling Gigi

Dalam melakukan scaling gigi tentunya memiliki harga yang bervariasi, biasanya tergantung di mana kamu melakukannya. Namun, terdapat kisaran umum harga dalam melakukan perawatan ini yaitu Rp150 ribu sampai 700 ribu.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat