visitaaponce.com

Bermodal Kekompakan, Prestasi Ditorehkan

Pengantar: Pada 28 dan 31 Juli, Media Indonesia bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal (Dikdasmen PNF) PP Muhammadiyah menggelar pelatihan Reporter Muda (Repmud). Sebanyak 35 siswa tingkat SMA/SMK mengikuti program ini. Setelah pelatihan, para siswa membuat berita hasil liputan masing-masing. Berikut adalah tulisan yang terpilih sebagai peringkat 2 tingkat SMA/SMK;

KESUKSESAN tim futsal putra SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara meraih juara dua lomba futsal antarpelajar mendapat apresiasi dari pihak sekolah. Perlombaan yang diadakan sebagai bentuk perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia ini diinisiasi oleh Kecamatan Way Jepara untuk pelajar tingkat SMA/MA/SMK dan sederajat di wilayah tersebut.

Tiap tahun, pihak kecamatan memang tak pernah absen menyelenggarakan lomba, salah satunya pertandingan futsal antarsekolah se-Way Jepara. Perlombaan futsal dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu Sabtu-Minggu (5-6/8) bertempat di Lapangan Desa Labuhan Ratu Satu, Kecamatan Way Jepara. Pertandingan pun berlangsung seru sekaligus meriah, tim futsal putra SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara pun dengan semangat terus mempertahankan gawang agar tak kebobolan.

Pertandingan yang sedang berlangsung dan diikuti tim futsal putra Muhammadiyah 1 Way Jepara ini sedang memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Keseriusan tim dalam berlomba ini pun melibatkan banyak pihak, seperti guru dan pelatih yang berperan aktif mendukung kesuksesan dalam pertandingan.

"Kita punya keinginan yang sangat luar biasa, semua kompak dan dapat dukungan dari teman-teman, guru sekolah dan semangat diri setiap pemain juga luar biasa. Karena itu kita bisa berhasil menjadi juara lagi meskipun belum nomor 1. Masuk dalam partai final menjadi kebanggaan, nanti tinggal diperbaiki kekurangan kita agar lebih baik lagi di perlombaan mendatang," kata pelatih tim futsal SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara Reza Cahya Putra di ruang tata usaha sekolah, Senin (7/8) bulan lalu.

Reza mengungkap jika proses latihan tim sangat lah singkat namun pemain bisa dengan apik menerapkan teknik dan cara bermain yang telah diajarkan pelatih. Tentu kemenangan ini juga usaha dari kedua belah pihak, baik pelatih maupun pemain. Latihan yang maksimal ditambah usaha penuh semangat menjadi kekuatan hingga mencapai babak final dan meraih juara.

"Komitmen tim futsal kita salah satunya kekompakan. Kita membawa nama baik sekolah di cabang olahraga futsal dengan usaha maksimal, luar biasa. Partisipasi juga datang dari semuanya, tak hanya pemain atau pelatih," ucap Reza.

Kuat Mental

Pertandingan yang dilakoni tim futsal putra SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara tidak bisa dibilang mudah lantaran melawan tim yang juga unggul. Namun, semangat dan kekompakan membuat tim mampu mengalahkan rivalnya. Mental pemain pun diuji lantaran supporter lawan begitu kuat gaungnya. Pelatih pun terus memotivasi pemain agar mental dan fisik tak boleh loyo.

"Kami disemangati pelatih, diberi motivasi, diingatkan proses latihan yang melelahkan agar mental kita tetap kuat. Alhamdulillah dengan semangat dan motivasi itu, kami berhasil menorehkan prestasi meskipun belum juara satu," ungkap salah satu pemain tim futsal Heru Susanto yang ditemui di perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara, Senin (7/8) bulan lalu.

Rupanya bukan hanya tangis bahagia yang keluar, namun ada juga ekspresi kekecewaan lantaran gagal menempati posisi pertama. Hanya saja perasaan yang mendominasi lebih banyak kebahagiaan karena perjuangan yang singkat namun padat membuahkan hasil baik. Pelatih hingga kepala sekolah pun mengakui rasa bangganya pada tim futsal putra yang bertanding.

"Teman-teman ada yang kecewa, tetapi ada juga yang terharu hingga meneteskan air mata karena melihat perjuangan pemain dari latihan fisik hingga menjadi juara. Campur aduk perasaannya," tuturnya.

Harapannya, tim futsal SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara bisa kembali mempersembahkan prestasi terbaik. Pun talenta pemain yang unggul bisa terus berkembang.(M-4)

Opini Muda:

Dok Pribadi

Dian Ramadani
Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara
16 tahun

"Perjuangan untuk perlombaan futsal kemarin benar-benar menakjubkan, sangat luar biass. Tim futsal putra sangat hebat, dari latihannya yang sangat melelahkan hingga pencapaian akhir mendapatkan juara 2 di tingkat kecamatan sungguh luar biasa."

Dok: Pribadi

Mutiara Minsyarofah
Kelas IX IPS SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara
16 tahun

"Lihat pertandingan futsal seru sekali, apalagi melihat semangat pemain yang sangat kuat. Latihannya pun terlihat sangat melelahkan fisik namun tampak tidak terasa karena bareng teman-teman. Pertandingannya menegangkan, meski tidak juara satu tetapi mereka sangat keren".(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat