visitaaponce.com

Kolaborasi jadi Kunci Pengembangan Industri Kreatif

Kolaborasi jadi Kunci Pengembangan Industri Kreatif
Aktor Reza Rahadian berbagi kiat pada sesi IdeaTalks di acara ideafest 2023, Minggu (1/10).(MI/Devi Harahap)

Dalam kurun waktu dua bulan mendatang, Aktor Reza Rahadian akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) periode 2021-2023. Pemilik nama lengkap Reza Rahadian Matulessy itu membagikan pengalamannya dalam mengelola organisasi tersebut.

Menurut sang aktor, aksi kolaborasi menjadi unsur paling penting dalam memajukan sineas Indonesia. Cara tersebut yang diadopsi Reza dalam membentuk program dan kinerjanya selama hampir 2 tahun mengembang tugas.

“Industri kreatif seperti film sangat erat kaitannya dengan kerja kolaboratif. Tak ada orang yang membuat film sendirian, semuanya berkolaborasi baik dengan pemerintah, swasta maupun lembaga internasional. Kalau ekosistem dari industri film Indonesia itu sudah saling kolaborasi, kita akan lebih mudah menggali potensi untuk terus berkembang baik di dalam maupun luar negeri,” ungkapnya saat sesi IdeaTalks pada acara ideafest 2023 pada Minggu (1/10).

Selain itu, transparansi menjadi salah satu komponen penting yang menyita perhatian Reza dalam memajukan sistem festival film Indonesia. Dalam hal ini, Reza dan timnya telah menggagas sebuah sistem yang disebut sebagai Akademi Citra sebagai wadah untuk menilai nominasi FFI.

“Kami sadar bahwa para insan dalam perfilman adalah aset negara. Jadi kami membuat suatu perkumpulan yang isinya adalah orang-orang periah piala citra minimal sekali baik itu produser, sutradara, aktris, musik, dan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Reza menjelaskan bahwa saat ini Akademi Citra beranggotakan sekitar 300-an pekerja seni yang meraih Piala Citra FFI pada tahun-tahun sebelumnya. Mereka akan diminta bergabung secara sukarela untuk menilai nominasi yang berhak masuk dalam FFI.

“Para anggota Akademi Citra akan turut menilai dan menentukan para nomine hingga pemenang FFI setiap tahunnya. Pemenang-pemenang itu akan berada di tangan mereka,” ujar pemeran film Habibie dan Ainun itu. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat