visitaaponce.com

Mengenal Tradisi Potong Jari Suku Dani Papua

Mengenal Tradisi Potong Jari Suku Dani Papua
Tradisi potong jari iki palek Papua.(Instagram @budaya)

MEMILIKI luas wilayah sekitar 1,905 juta km², Indonesia terkenal dengan negara yang kaya akan tradisi dan budaya. Salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan tradisi dan budaya adalah tanah Papua. Tahukah Anda, bahwa salah satu suku di Papua yaitu Suku Dani memiliki tradisi yang ekstrim? Mereka menamai tradisi itu dengan sebutan 'Iki Palek'.

Dikutip dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) 'Iki Palek' merupakan tradisi potong jari yang dilakukan masyarakat Suku Dani.

"Bagi masyarakat Suku Dani, Papua, tradisi potong jari ini dilakukan untuk menunjukkan rasa kesedihan mendalam akibat ditinggalkan oleh anggota keluarga," tulis Kemdikbud di akun Instagramnya, Minggu (15/10).

Baca juga: Keturunan HB II Hadiri Tradisi Tenongan Laku Sikramat

Dijelaskan bahwa jumlah jari yang dipotong menunjukkan berapa banyak keluarga mereka yang telah meninggal dunia. Rasa sakit kehilangan satu jari tersebut melambangkan bahwa sebuah kematian menjadi duka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkannya.

"Tradisi ini sebagian besar dilakukan oleh kaum perempuan. Namun, kaum pria juga diperbolehkan melakukannya sebagai bentuk kesedihan," ujarnya.

Baca juga: Mengenal Tradisi Baayun Maulid, Salah Satu Warisan Budaya tak Benda Kalsel

Bagi Suku Dani, Jari mempunyai arti yang lebih dalam yakni simbol harmoni, kesatuan dan kekuatan dalam diri manusia ataupun sebuah keluarga. Karenanya, ketidakmampuan tangan untuk berfungsi dengan baik hanya dengan beberapa jari saja melambangkan kehampaan dan kekuatan keluarga yang semakin berkurang.

"Menurut mereka menangis saja tidak cukup untuk mengungkapkan kesedihan yang dirasakan. Rasa sakit dari memotong jari dianggap mewakili hati dan jiwa yang tercabik-cabik karena kehilangan," terangnya.

Seiring perkembangan zaman, tradisi Iki Palek kini sudah mulai menghilang akibat berkembangnya ilmu pengetahuan dan agama.

Meski begitu, di antara anggota suku Dani masih bisa ditemui orang-orang tua yang telah kehilangan jari-jari sebagai bagian dari tradisi Iki Palek. Bahkan, ada yang kehilangan seluruh jarinya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat