visitaaponce.com

Membawa Harum Nama Bali Melalui Desain Grafis Digital

Membawa Harum Nama Bali Melalui Desain Grafis Digital
I Putu Angga Tangkas Pratama (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno(dok: I Putu Angga Tangkas Pratama)

Perkembangan teknologi digital memudahkan siapa pun, untuk mengembangkan bakat dan hobinya. Salah satu anak muda yang memanfaatkan hal ini adalah I Putu Angga Tangkas Pratama. Berawal dari passion-nya yang kuat di bidang gambar, ia kini telah dikenal sebagai salah satu desainer grafis berprestasi dengan karya-karyanya yang khas dan unik di media digital.

Di usianya yang baru 22 tahun, pria yang akrab disapa Tuangga ini tercatat telah meraih sejumlah prestasi, baik di tingkat regional maupun nasional. Setidaknya enam penghargaan bergengsi sudah pernah ia dapatkan sejak tahun 2010 lalu.

Misalnya, ia pernah meraih juara 1 pada lomba Story Image Competition di Festival Lomba Seni Nasional 2010.  Ia juga memenangkan Draw Competition Reinterpretation Legong Balinese Dance tingkat provinsi Bali pada 2020. Sedangkan pada 2021, ia tampil sebagai juara pada Baligrafi Competition tingkat Provinsi Bali.

Dari pengalamannya memenangkan sejumlah kompetisi,  ia kini mulai membangun bisnis dan portofolionya sebagai seorang desainer grafis. Ia pun mendirikan sebuah studio desain grafis bernama Seniman Bocah Studio.  Ia juga mendirikan Senbo Logo Studio dan Senbo Pro Merchandise untuk mengembangkan sayap bisnisnya.

“Dimulai dari sejak sekolah dasar, saya suka corat-coret gambar di tembok. Kemudian dikembangkan di buku gambar sehingga menjadi hobi sampai saat ini,” terang pemuda lulusan S1 jurusan Pendidikan Seni Rupa, di Universitas Pendidikan Ganesha itu, belum lama ini.

Tak hanya berhenti di media konvensional, pemuda kelahiran Tanggahan Gunung, 5 Desember 2000 itu kemudian mengembangkan kemampuannya di platform media digital.  Kepiawaiannya dalam desain grafis bertema budaya Bali, membuatnya kini semakin dikenal .

“Awalnya saya menekuni gambar dengan media tradisional. Namun dengan perkembangan zaman, saya memberanikan diri untuk belajar mengembangkan skill di media digital,” ujar pemilik akun Instagram @Tuangga1 itu dan akun TikTok @senimanbocah itu.

Tuangga sering berkolaborasi dengan banyak brand dan perusahaan.  Ia pun kerap membagi ilmunya di acara seminar dan menjadi juri perlombaan desain.  Ia bahkan pernah diminta terlibat dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

 “Saya berharap bisa menginspirasi dunia dan memperkenalkan kebudayaan Bali ke kancah internasional,” ujar pemuda yang juga senang menyanyi dan bermain musik itu. (M-3) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat