visitaaponce.com

Torehan Seni Intaglio Goenawan Mohamad dalam Santiran

Torehan Seni Intaglio Goenawan Mohamad dalam Santiran
Pameran Santiran dari Goenawan Mohamad berlangsung selama 1-10 Desember 2023.(MI/Rifaldi)

SEBANYAK 30 karya seni grafis intaglio (cetak dalam) buatan Goenawan Mohamad saat ini tengah dipamerkan dalam pameran tunggal bertajuk Santiran. Karya-karya dari pria yang akrab dipanggil GM itu berderet indah pada dinding ruang galeri Rumah Miring CG Art Space, Jakarta.

Bagi yang kurang familier, seni grafis intaglio adalah suatu teknik cetak dengan prinsip penggoresan gambar ke atas permukaan, biasanya seniman menggunakan media pelat tembaga. Ini merupakan teknik cetak generasi awal yang lazim dilakukan oleh orang-orang Eropa zaman dulu. Intaglio diambil dari bahasa Italia yang berarti menggores atau menorehkan.

Mengambil tema "Santiran", sang kurator pameran, Agung Hujatnikajennong mengungkapkan, santir dapat diartikan sebagai citra atau imaji, sehingga dalam kata ‘santiran’ terkandung arti citraan, bayangan atau pantulan.

“Proses kreasi seniman melibatkan kerja menyantir dalam arti yang paling mendasar adalah, memproyeksikan citra tertentu ke dalam apa-apa yang mungkin mewujud secara visual dan taktil, melalui gestur dan gerak tubuh seperti menulis, menggores, melabur, menatah, menoreh, mencukil, menggambar, mencetak,” kata Agung dalam keterangannya, Kamis (11/30).

Tiga puluh karyanya ini dibuat GM sepanjang tahun 2023. Sejumlah objek seperti binatang, figur, hingga bentuk bangunan ia torehkan dalam karya-karyanya tersebut.

Salah satu karya yang cukup menyita perhatian adalah sebuah seni grafis intaglio berukuran 60x50 cm, berjudul Sultan. Ditempatkan persis di depan pintu masuk, GM menggambarkan figur sultan layaknya seorang pemimpin yang mengenakan pakaian kerajaan berwarna biru sambil memegang pedang di tangan kanannya.

Pada karyanya yang lain, GM menggambarkan bentuk barongsai dengan dominasi warna oranye dan hitam pada bagian badan. Barongsai seolah sedang melompat, terlihat dari adanya lekukan kaki seperti gerakan melompat.

Ada juga karya-karya GM lainnya seperti bentuk ikan Cakalang, yang merupakan ikan khas pulau Sulawesi, atau berwujud badut yang digambarkan sedang menggunakan seragam berwarna biru dengan hiasan polkadot berwarna merah.

Pameran Santiran berlangsung mulai 1 hingga 10 Desember 2023. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat