visitaaponce.com

Media Indonesia dan Accor Greater Jakarta Hotels Gelar Workshop Membatik

BERKOMITMEN untuk terus melestarikan dan memperkenalkan batik, khususnya batik tulis, Accor Greater Jakarta Hotels bersama Media Indonesia menggelar pelatihan (workshop) membatik, di kantor Media Indonesia di Kompleks Media Group, Jakarta Barat, Rabu (29/11).

 

Dibantu enam pembatik dari Batik Marunda, sejumlah petinggi Media Indonesia bersama perwakilan dari Accor Greater Jakarta Hotels, dan karyawan berlatih menggunakan canting dan menorehkan malam ke atas kain. "Hari ini kami adakan kegiatan ini (workshop membatik) di Media Indonesia, jadi tujuannya untuk memperkenalkan batik lebih jauh lagi serta memeperkenalkan program kami yaitu KarnavALL Batik Nusantara," kata General Manager Mercure Tanggerang Center dan Novotel Karawang, Emma Larantukan.

 

Para peserta kegiatan tampak antusias mengikuti pelatihan itu. Dengan sabar dan hangat para pembatik dari Batik Marunda mengarahkan dan membantu para peserta menorehkan malam pada kain yang sudah bermotif. Tidak hanya belajar membatik, para peserta juga mendapatkan informasi tentang sejarah lahirnya Batik Marunda.

 

Dijelaskan Emma, Accor Greater Jakarta terdorong menggelar pelatihan membatik karena menyadari gempuran batik cetak (print) di tengah masyarakat. "Kebanyakan yang sekarang terkenal itu adalah batik print, sedangkan budaya asli batik itukan dari batik tulis sebenarnya, nah ini yang ingin kami perkenalkan lagi," ujarnya.

 

Terkait program KarnavALL Batik Nusantara, Emma menjelaskan jika program itu mencakup paket menginap dengan menyisipkan berbagai pengalaman seru terkait batik di dalamnya, seperti menghadirkan welcoming cake dengan motif batik hingga memberikan suvenir batik.

 

Program KarnavALL Batik Nusantara ini dapat dijumpai dilebih dari 160 Hotel Accor Group di seluruh Indonesia, dimana Emma menjelaskan masing-masing hotel menawarkan kegiatan yang berbeda-beda. "Kalau di hotel kami, itu ada juga kegiatan seperti kegiatan membatik di lobi Hotel. Kemudian (di hotel lain) juga ada beberapa yang mengusung galeri lokal untuk memperkenalkan dan menjual batik sehingga tamu bisa mengenal batik lebih jauh," jelas Emma.

 

Sejauh ini, menurutnya, program KarnavALL Batik Nusantara juga antusias diikuti tamu-tamu mancanegara. "Para tamu baik itu tamu mancanegara bisa tahu batik lebih jauh, bisa merasakan experience secara langsung, karena gak semua orang bisa merasakan memegang canting sendiri, gak semua orang tahu bagaimana sih rasanya menggunakan canting dan menulis di kain batik," pungkasnya (M-1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat