visitaaponce.com

Ada Apa Saja Sih di Pameran Kedai Kita

Ada Apa Saja Sih di Pameran Kedai Kita?
Pameran bertajuk Kedai Kita yang menyuarakan tentang kesadaran akan perubahan iklim(Dok: SMMXGreenpeace)

JENAMA tekstil Sejauh Mata Memandang (SMM) berkolaborasi dengan Greenpeace Indonesia dan didukung oleh Plaza Indonesia menghadirkan pameran bertajuk “Kedai Kita”. 

Pameran tersebut digelar di Plaza Indonesia pada 1-10 Desember 2023. Pameran SMM ke-16 ini mengangkat isu krisis iklim yang saat ini telah sampai di meja makan kita.

Kedai Kita merupakan bagian dari serangkaian acara "Berhenti Basa Basi Buat Bumi," bentuk respon untuk mendorong pemerintah agar mengambil tindakan nyata terkait krisis iklim. Terdapat tiga area utama yang bisa dikunjungi pada Kedai Kita di antaranya adalah Kopi Tinggal Kenangan, Warung Nasib Kita di Masa Depan (WarNas), dan Warung Sejauh Mata Memandang yang dirancang oleh Keluarga Sejauh, Felix Tjahyadi. 

Rancangan kali ini menggunakan 90% material guna ulang (reuse) seperti panel kayu bangunan dari kegiatan SMM sebelumnya serta kain perca dari sisa produksi SMM yang didaur naik (upcycle), memberikan sentuhan rancangan yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Baca juga: Sejauh Mata Memandang-Greenpeace Ajak Rawat Bumi Lewat Pameran

Melansir dari siaran pers yang diterima Media Indonesia, Senin (4/12), berikut detail beberapa area yang dapat dikunjungi pengunjung di dalam pameran Kedai Kita;

1. Kopi Tinggal Kenangan

Kopi, sebagai salah satu kebanggaan di Indonesia, merupakan tanaman yang sangat rentan terhadap krisis iklim. Penurunan kualitas maupun kuantitas biji kopi telah dialami oleh petani kopi di berbagai wilayah akibat cuaca ekstrem yang tidak bisa terprediksi, salah satunya adalah Banjarnegara. Di area ini, pengunjung dapat mencicipi cita rasa kopi yang saat ini terancam hanya akan menjadi kenangan akibat krisis iklim.

2. Warung Nasib Kita di Masa Depan (WarNas)

Ketahanan pangan Indonesia yang biasa kita konsumsi sehari-hari seperti beras, sayur mayur, ikan, buah, serta bumbu dapur seperti cabai, garam, dan rempah juga terancam akibat krisis iklim. Para petani kesulitan memprediksi masa tanam akibat anomali cuaca, juga kewalahan menghadapi hama dan penyakit tanaman.

Melalui WarNas, pengunjung dapat melihat berbagai informasi tentang bahan makanan yang terancam punah serta cerita dari para petani yang terdampak.

3. Warung Sejauh Mata Memandang

Sejauh Mata Memandang turut menghadirkan toko pop-up di pameran Kedai Kita yang dirancang menyerupai warung.

Sahabat Sejauh dapat melihat dan berbelanja berbagai koleksi pakaian hingga pernak-pernik unik hasil dari kreasi daur naik (upcycle) kain-kain perca motif khas SMM. Khusus untuk Warung Sejauh Mata Memandang akan beroperasi hingga tanggal 11 Januari 2024.

Selain pameran Kedai Kita, kolaborasi Sejauh Mata Memandang dan Greenpeace Indonesia juga turut menghadirkan rangkaian kegiatan berjudul Berhenti Basa Basi Buat Bumi. 

Rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan di KALA di Kalijaga, Blok M, Jakarta Selatan, mulai tanggal 6-10 Desember ini menghadirkan pameran foto dampak krisis iklim terhadap pangan, experience room dan berbagai aktivitas menarik lainnya.

Menariknya, experience room ini akan memberikan pengalaman bagi pengunjung yang ingin merasakan perjalanan krisis iklim sampai berdampak di meja makan kita. Aktivitas-aktivitas tersebut dihadirkan melalui kolaborasi dengan beberapa mitra seperti Iklimku, SuapSuapan, dan masih banyak lagi, yang dapat diikuti secara gratis dengan cara mendaftar di act.gp/ikutan-b5.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat