visitaaponce.com

Sejauh Mata Memandang-Greenpeace Ajak Rawat Bumi Lewat Pameran

Sejauh Mata Memandang-Greenpeace Ajak Rawat Bumi Lewat Pameran
Pameran Kedai Kita(Dok: SMMXGreenpeace)

KRISIS iklim bukan lagi ucapan belaka. Dampak serius telah banyak dirasakan oleh masyarakat, salah satunya pada sektor pertanian hingga membuat kejadian gagal tanam dan panen meningkat. Beberapa tanaman dan perikanan yang terdampak yakni kopi di Banjarnegara, beras di Gunung Kidul, ikan bandeng di Gresik hingga pala dan cengkeh di Maluku. Bahan-bahan pangan dan ikan tersebut kini berada di ambang kepunahan.

Melihat kondisi tersebut, jenama tekstil Sejauh Mata Memandang (SMM) berkolaborasi dengan Greenpeace Indonesia dan didukung oleh Plaza Indonesia menghadirkan pameran bertajuk “Kedai Kita” yang digelar di Plaza Indonesia pada 1-10 Desember 2023. Pameran ini merupakan pameran SMM ke-16.

Melalui “Kedai Kita”, Sejauh Mata Memandang dan Greenpeace Indonesia berharap dapat senantiasa menghadirkan berbagai wadah untuk menggugah kesadaran masyarakat akan krisis iklim. Pameran ini juga bertujuan memotivasi munculnya langkah-langkah nyata dari masyarakat untuk melibatkan diri dalam perubahan positif.

"Sejauh Mata Memandang melihat pentingnya berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam berkontribusi menyelesaikan krisis iklim. Harapan kami, semakin banyak pihak yang terlibat, akan terdengar suara kita dan timbul kesadaran kolektif serta aksi nyata dalam menyelamatkan bumi," kata Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, Chitra Subyakto, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Media Indonesia, Senin (4/12).

Sementara itu, Climate and Energy Campaigner Greenpeace Indonesia Adila Isfandiari mengungkap keterlibatan pihaknya dalam pameran ini untuk mengajak publik memahami masalah krisis iklim yang dampaknya sudah sampai di meja makan. Selain itu, Kedai Kita juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ‘Berhenti Basa Basi Buat Bumi’.

"Sesuai dengan judulnya, kami juga ingin mengajak publik bersuara dan beraksi untuk iklim serta mendesak pemerintah berhenti basa-basi mengobral janji dan solusi palsu. Segera lakukan aksi iklim yang nyata," tuturnya.

Baca juga: Sejauh Mata Memandang Hadirkan Denim Ramah Lingkungan

Untuk diketahui, pameran tersebut memiliki tiga area utama yang bisa dikunjungi pada “Kedai Kita” di antaranya adalah Kopi Tinggal Kenangan, Warung Nasib Kita di Masa Depan (WarNas), dan Warung Sejauh Mata Memandang yang dirancang oleh Keluarga Sejauh, Felix Tjahyadi. 

"Kedai Kita" merupakan bagian dari serangkaian acara "Berhenti Basa Basi Buat Bumi," yang merupakan respon untuk mendorong pemerintah agar mengambil tindakan nyata terkait krisis iklim. Kegiatan ini diadakan sejalan dengan konferensi iklim tahunan global COP 28 di Dubai, saat para pemimpin dari seluruh dunia berkumpul membahas upaya penyelamatan dunia dari krisis iklim.

Aksi yang ditempuh oleh pemerintah dalam misi penyelamatan bumi dianggap belum efektif dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca dan mengendalikan kenaikan suhu global, sehingga terkesan hanya basa-basi buat bumi.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat