visitaaponce.com

Kiat Membersihkan Ornamen Natal sesuai Jenis Bahannya

 Kiat Membersihkan Ornamen Natal sesuai Jenis Bahannya
Ilustrsaiu: Pohon Natal(unsplash.com/ Lasse bergqvist)

Memasang pohon Natal di rumah dan menghiasnya dengan ornamen indah identik dengan perayaan Natal. Agar setiap ornamen pohon Natal awet, tidak memudar dan tetap berkilau, Anda perlu merawatnya dengan rutin.

Masing-masing ornamen sesuai dengan jenis bahannya memiliki cara yang berbeda untuk merawatnya.

Melansir dari laman Martha Stewart, situs gaya hidup, Kathy Cohoon, Direktur Operasi Waralaba di Two Maids & A Mop, perusahaan yang bergerak di bidang kebersihan yang berbasis di Birmingham, Alabama, mengatakan ornamen-ornamen tersebut harus dibersihkan dengan hati-hati.

"Kebanyakan ornamen pada dasarnya halus. Jadi apa pun bahan pembuatannya, pastikan untuk membersihkannya dengan hati-hati sekali saja setelah hari Natal," katanya.

Lebih lanjut, Cahoon mengatakan langkah pertama untuk membersihkan ornamen tersebut ialah membersihkan debu yang menempel pada ornamen.

"Anda dapat membersihkan debu dengan kuas cat lembut sebelum membungkusnya. Ini memakan waktu lebih lama, tetapi dapat membantu ornamen Anda tetap dalam kondisi bagus selama bertahun-tahun yang akan datang," ujarnya.  

Berikut tips membersihkan ornamen Natal sesuai jenis bahannya.

1. Cara Membersihkan Ornamen dengan Hiasan Glitter
"Sangat penting untuk menghindari membasahi ornamen glitter, karena hal ini dapat menyebabkan bintik-bintik mengkilap tersebut rontok," kata Kim Tokarski, seorang penjual ornamen di Frontgate, perusahaan produk rumah mewah.

Sebagai gantinya, gunakan kemoceng atau kuas riasan lembut untuk menghilangkan kotoran.   "Pastikan untuk membersihkan sedikit debu pada ornamen tersebut, karena kilau dapat menempel pada bulu," tambah Cohoon.  

2. Cara Membersihkan Ornamen Kayu
"Bersihkan jenis kayu dengan meniup debu dengan udara bertekanan rendah:, kata Cohoon.  

Kemudian, bersihkan sisa debu atau kotoran dari ornamen dengan kain mikrofiber kering dan lembut.

3. Cara Membersihkan Ornamen Kaca
Bersihkan hiasan kaca dengan sikat kecil atau kemoceng untuk menghilangkan kotoran kering.  

"Menyeka ornamen rapuh yang terkena debu atau kotoran dapat menggores permukaannya, jadi Anda tidak boleh melewatkan langkah ini," saran Cohoon.

"Semprotkan kain lembut dengan pembersih kaca dan usap ornamen dengan lembut.  Jika memiliki hiasan kaca tanpa hiasan, Anda juga bisa menggunakan campuran sabun dan air," kata Julie Kleski, Desainer di Frontgate.

4. Cara Membersihkan Ornamen Logam
Dengan menggunakan udara bertekanan rendah, Cohoon merekomendasikan untuk meniup debu berlebih dari ornamen logam.

Kemudian bersihkan ornamen tersebut menggunakan kain mikrofiber yang lembut.  Jika masih melihat noda, gunakan sedikit semir perhiasan dalam dosis kecil.

"Kemudian ikuti instruksi merek untuk membersihkan dan menambah kilau," saran Cohoon. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat