visitaaponce.com

10 Ide Bisnis Saat Natal dan Tahun Baru

10 Ide Bisnis Saat Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi(Freepik)

MENJELANG Libur Natal dan Tahun Baru, Anda tidak hanya mengisinya dengan menabung dan merencanakan liburan. Libur Natal dan Tahun Baru dapat dijadikan sebagai lahan pundi-pundi rupiah. Hari menjelang liburan itu dapat digunakan untuk berbisnis musiman yang bisa untuk dicoba.

Momen libur Natal dan Tahun Baru biasa diisi dengan liburan serta berkumpul bersama keluarga dan kerabat, di sela-sela acara terdapat kegiatan tukar kado, makan-makan, serta menghias pohon natal dengan pernak-peniknya. 

Baca juga: Inspirasi Dekorasi Natal di Ruang Tamu Bikin Suasana Meriah

Banyak ide bisnis saat menjelang Natal dan Tahun Baru, berikut ide bisnis yang patut untuk dicoba:

1. Jasa membuat hampers atau parcel

Pinterest

Ajang bertukar hampers antarteman dan kolega membuat ide bisnis ini muncul. Banyak orang yang akan membeli hampers menjelang Natal dan Tahun Baru karena tidak ada waktu untuk membeli dan membungkus.

Bermodalkan mulai Rp1 juta dapat membuat hampers yang berisikan gelas, piring, hingga beberapa makanan kering khas natal.

Cobalah mencari supplier produk tangan pertama agar mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibanding membelinya di toko-toko. Jasa hampers ini juga dapat disesuaikan dengan permintaan customer, tentu harus ada budget lebih dalam untuk membeli barang sesuai permintaan customer.

Baca juga: Ini Tanaman Hias Mirip Cemara yang Bisa Jadi Pengganti Pohon Natal

Agar lebih menarik dan pembeda dari pembuat jasa hampers lainnya, buatkanlah kartu ucapan yang menarik di dalam hampers.

2. Aksesoris Natal

Pinterest

Menjual aksesoris Natal dan Tahun Baru bisa menjadi pilihan. Modal tersebut dapat dibelikan hiasan pohon natal, terompet, hingga pernak-pernik Natal lainnya.

Cobalah untuk ke toko grosir agar mendapatkan harga yang jauh lebih murah, tentu dengan kualitas barang yang baik supaya bisa untuk dijual kembali.

3. Menjual kue kering

Pinterest

Bisnis menjual kue kering sudah lazim didengar. Anda dapat membuat kue seperti, kue coklat, kastengel, nastar, dan camilan khas Natal lainnya.

Modal bisnis ini dimulai dari Rp1 juta hingga puluhan juta tergantung jenis dan berapa banyak yang akan diproduksi.

4. Jasa Dekorasi Natal

Pinterest

Perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan momen untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Dekorasi yang meriah dan menarik menjadi suatu nilai plus untuk memanjakan mata tamu. Terkadang banyak orang yang ingin langsung jadi dan tanpa repot memikirkan tema serta membeli pernak-pernik.

Di sini bisa menjadi ladang pundi-pundi dengan menawarkan jasa mendekor, memiliki budget yang mumpuni sekitar Rp20 juta bisa menjadi fondasi awal. Selain itu, dapat memberikan pilihan tema dan dekorasi yang cocok sesuai keinginan customer.

Carilah produk dengan kualitas terbaik agar customer merasa senang dengan jasa yang ditawarkan, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kerapian dalam mendekor.

5. Penitipan hewan

Pinterest

Bagi pemilik hewan seperti anjing, kucing, hingga kelinci, tidaklah mungkin untuk membawa binatang peliharaan dalam berlibur. Membuat penitipan hewan menjadi ladang bisnis menjanjikan, namun perlunya budget lebih dalam membuatnya. 

Memiliki penitipan hewan harus bekerja sama dengan dokter hewan terbaik agar kesehatan hewan yang dititip terjaga. Konsultasi kepada pemilik hewan dari mulai perilaku hingga makanan yang biasa dimakannya agar tidak terjadi hal tak terduga.

6. Jasa Titip sembari liburan

Pinterest

Merencanakan liburan ke luar kota bahkan luar negeri bisa dimanfaatkan untuk membuka jastip (Jasa Titip) produk. Jastip ini biasa di gandrungi oleh anak muda, mereka yang belum bisa pergi ke luar kota atau luar negeri sendiri merupakan target pasar jasa ini.

Contohnya jika bepergian ke Jepang, bisa membuka jasa titip untuk membeli mainan, komik, sneakers, dan lainnya sesuai permintaan customer atau lokasi liburan. 

Liburan domestik dapat juga membuka jastip ini, dari mulai oleh-oleh hingga pakaian khas daerah.

7. Rental kendaraan

Pinterest

Tidak memiliki rencana bepergian libur nataru dan memiliki kendaraan yang tidak terpakai saat nataru bisa menjadi ladang cuan. Kendaraan yang dimiliki seperti mobil dan motor, dapat di-rental-kan melalui media sosial atau menawarkannya kepada teman bahkan kolega.

Sebelum itu periksakan kelaikan kendaraan supaya tak terjadi hal yang tak diinginkan serta periksa surat perpajakan kendaraan agar tidak terjadi masalah saat menggunakannya.

8. Jasa MUA

Pinterest

Memiliki bakat dalam merias wajah bisa menjadi ide bisnis selama nataru. Libur Natal dan Tahun Baru merupakan momen saat acara-acara penting akan dilakukan, baik bersama keluarga, teman, bahkan kolega.

Seseorang, terutama perempuan, pasti akan ingin tampil prima dan menjadi pusat perhatian, dengan make up perempuan akan percaya diri untuk datang ke dalam acara. Jasa MUA (Make up Artist) menjadi solusi bagi para wanita agar tampil cantik serta tidak perlu repot mengatur jenis bedak dengan kulit.

9. Membuka Katering

Pinterest

Libur Natal dan Tahun Baru membuat orang-orang bingung hingga tidak sempat untuk memasak, membuka jasa katering bisa menjadi bisnis. Membuka jasa katering bisa menyesuaikan keahlian jenis memasak yang dikuasai, jika menginginkan makanan lain mungkin bisa untuk membayar koki berkompeten sesuai makanan yang ingin di tawarkan kepada customer.

10. Sewa alat fotografi

Pinterest

Nataru menjadi sebuah momen yang perlu diabadikan, tetapi tidak semua memiliki alat fotografi yang mumpuni. Jika mempunyai alat fotografi seperti kamera dan tidak ada rencana bepergian liburan dapat disewakan kepada customer. 

Walaupun berdiam diri di rumah dapat menikmati hasil pundi-pundi dari penyewaan kamera yang dimiliki. Jangan lupa untuk memberikan persyaratan dalam penyewaan, tentu tidak mau jika kamera yang dimiliki hilang ataupun rusak. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat