visitaaponce.com

Ini Tanaman Hias Mirip Cemara yang Bisa Jadi Pengganti Pohon Natal

Ini Tanaman Hias Mirip Cemara yang Bisa Jadi Pengganti Pohon Natal
Ilustrasi(Freepik)

MENYAMBUT perayaan Natal pada 25 Desember tidak lengkap jika tidak menghias rumah menggunakan pernak-pernik natal dan warna warni lampu yang meriah. Tidak ketinggalan pohon natal yang dihiasi pernak-pernik natal.

Pohon natal terbuat dari pohon cemara, menjadi erat kaitannya dengan tradisi natal karena pohon ini dianggap suci. Memiliki dahan yang kuat mampu dihiasi pernak-pernik natal yang besar dan berat.

Dalam menghias bertemakan natal memiliki maknanya masing-masing, terutama pohon natal. Menggunakan pohon cemara, merupakan lambang dari kehidupan yang abadi, menjadi kebiasaan orang Mesir Kuno, Tiongkok, dan Romawi.

Baca juga: Ide Hiasan Dekorasi Natal di Gereja yang Bikin Suasana Makin Meriah

Orang Skandinavia menggantungkan dahan cemara di depan pintu dan jendela mereka. Mereka menyakini pohon cemara akan menjauhkan penyihir, hantu, roh jahat, dan penyakit.

Pohon cemara diletakkan di dalam rumah sebagai bentuk kesuburan dan kehidupan baru setelah musim dingin. Pohon natal dihiasi pernak-pernik natal berawal dari Jeman bagian barat. Menggunakan buah apel merupakan simbol pohon surga atau Taman Eden.

Bukan hanya apel, wafer menjadi hiasan pohon natal bagi orang Jerman melambangkan perjamuan Ekaristi. Di sekitar pohon natal akan dinyalakan sejumlah lilin sebagai simbol Kristus yang menerangi dunia.

Baca juga: Sejarah Pohon Natal, Begini Asal Mula dan Maknanya

Lampu-lampu yang tergantung di pohon natal diyakini berasal dari apa yang dilakukan reformator Protestan Martin Luther abad ke-15. Sejak abad ke-18 tradisi ini tersebar di kalangan Lutheran Jerman, serta pada abad ke-19 pohon natal menjadi tradisi Jerman yang mengakar.

Pohon natal diperkenalkan oleh Pangeran Albert, suami Ratu Victoria yang lahir di Jerman, ke Inggris. Pohon natal dihiasi dengan mainan, hadiah-hadiah kecil, permen, dan juga pita. Semenjak itu, pohon cemara atau pohon natal diperkenalkan ke negara lainnya hingga Amerika Serikat (AS).

Pohon cemara merupakan tumbuhan evergreen di mana daunnya selalu hijau, tidak mudah kering bahkan rontoh, serta perawatan yang cukup mudah. Pohon cemara tersebar di berbagai negara seperti, Amerika Serikat, Eropa, Australia, Afrika, dan Asia termasuk Indonesia.

Pohon cemara memiliki bunga jantan dan betina, bunga betina berbentuk berkas rambut, kecil dan berwana kemerahan. Pohon cemara memiliki di dalam beragam golongan seperti, kerajaan (kingdom): Plantae, Divisi (Division): Magnoliophyta, Kelas (Class): Magnoliopsida, Ordo: Fagales, dan Famili (Family): Casuarinaceae.

Pohon cemara memiliki ukuran yang besar, hal ini akan sulit diwujudkan apabila memiliki ruangan terbatas. Dalam menyiasatinya agar tetap akan makna Natal dapat menggunakan alternatif tanaman hias berikut:

1. Lemon cypress 

Pinterest

Pohon lemon cypress memiliki bentuk menyerupai pohon cemara, namun memiliki ukuran yang lebih kecil. 

Selain memiliki ukuran yang kecil, lemon cypress mempunyai aroma segar dan membuat harum ruangan. Lemon cypress dapat diletakkan di sudut ruangan rumah dengan menggunakan pernak-pernik natal.

2. Rosemary 

Pinterest

Pohon dengan ukuran yang kecil ini dapat dipilih sebagai pengganti pohon cemara. Memiliki batang yang kokoh dan tampilan yang menarik. Pohon rosemarry yang tinggi dapat dipangkas membentuk kerucut, serta batang yang kuat mampu diberi pernak-pernik natal. 

3. Leyland cypress 

Pinterest

Tanaman dengan berdaun bulu hijau tua serta tampilan yang mengkerucut ke atas membuatnya menjadi pilihan alternatif pohon natal lainnya. Memilih leyland cypress berukuran kecil dapat di taruh di sudut ruangan rumah serta dihiasi pernak-pernik natal.

4. Wepping fig 

Pinterest

Tanaman dengan daya tarik daunnya tampak seperti berjatuhan ini dapat menjadi pengganti pohon cemara. Tanaman wepping fig memiliki ukuran yang tidak besar, menghiasnya dengan pernak-pernik natal akan memeriahkan di hari natal. 

Weeping fig dapat diletakkan di sudut ruangan rumah, dengan sendirinya wepping fig akan menjadi pusat perhatian.

5. Sukulen 

Pinterest

Tanaman sukulen memiliki ukuran yang kecil, merankai sejumlah sekulen menjadi pohon natal adalah alternatifnya. Menggunakan pot sedang dalam mennyusun serta dapat menambahkan pernak-pernik natal.

6. Eastern white pine

Pinterest

Pohon eastern white pine menjadi alternatif lainnya, pohon pinus yang memiliki daun lebat dan bentuk yang cantik tak kalah dengan pohon cemara. Memilih pernak-pernik dengan ukuran besar tidak disarankan, pohon pinus ini memiliki dahan yang tidak kuat menompang beban.

7. Araucaria heterophylla

Pinterest

Memiliki ukuran tinggi yang renda dari pohon cemara biasanya, pohon ini memiliki ukuran sekitar 90-150 sentimeter. 

Dahan yang tidak sekuat pohon cemara membuatnya tidak bisa menahan pernak-pernik natal yang terlalu besar dan berat. Menggunakan ornamen yang lebih ringan, seperti bunga dan pita menjadi alternatifnya.

Pohon cemara memiliki beragam jenis yang tersebar di dunia, tak lupa Indonesia. Di Indonesia memiliki beberapa jenis pohon cemara yang tubuh.

Berikut beberapa pohon cemara yang tumbuh di Indonesia:

Cemara nonfolk

Jenis cemara yang berasal dari pulau Nonflok, pulau kecil di sekitar Samudera Pasifik. Karakteristik cabang yang simetris mirip jarum tumpul. Pertumbuhan semakin tinggi, maka cabang-cabang pohon akan berubah menjadi tidak simetris.

Cemara Pensil

Pohon yang berasal dari daerah Mediterania, pohon dengan julukan “drama tree” dikarenakan dahan akan membungkuk jika terkena angin meskipun pelan. Karakteristik warna daun hijau tua yang rimbun dan padat dengan batang kayu yang wangi.

Cemara angin

Dinamain cemara angin dikarenakan pohon akan bergoyang jika terkena angin, hal ini daun cemara yang tipis dan lembut. Jenis cemara angin sangat digandrungi sebagai penghias banguna di Indonesia.

Cemara kipas

Cemara yang dapat tumbuh setinggi 10-20 meter ini memiliki karakterisktik cabang daun mengerucut ke samping, bersisik menyerupai kipas.

Cemara Udang

Cemara asli dari Indonesia dapat dijumpai di pesisir pantai selatan, Jawa Timur, dan Madura. Memiliki batang besar dan berkulit hitam kasar.

Cemara pua-pua

Cemara yang berasal dari Papua ini memiliki daun berwarna hijau tua berbentuk seperti tanduk rusa. Bentuknya unik membuat cemara pua-pua banyak diburu untuk tanaman hias halaman rumah. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat