visitaaponce.com

Tidak Merokok Tapi Bibir Hitam Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tidak Merokok Tapi Bibir Hitam? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Bibir mungkin berpigmentasi dan kehilangan warna merah muda alaminya karena berbagai penyebab.(123RF)

SAMA seperti bagian tubuh lain, bibir kita juga perlu dirawat secara rutin. Tidak berbeda dengan bagian bawah mata, kulit di bibir pun tipis dan tidak memiliki kelenjar keringat. Hal ini membuatnya lebih rentan terhadap kekeringan dan pecah-pecah.  

Meskipun demikian, bibir pecah-pecah bukanlah satu-satunya masalah yang mungkin kita hadapi pada bibir.  Bibir gelap atau berpigmen juga bisa menjadi masalah jika Anda tidak nyaman dengannya.

Bibir mungkin berpigmentasi dan kehilangan warna merah muda alaminya karena berbagai penyebab. Kebiasaan, gaya hidup, atau faktor medis, bisa menjadi pencetusnya.

Jaishree Sharad, seorang dermatolog, menjelaskan tentang penyebab bibir gelap, seperti dikutip dari situs Healthshots.

1. Alergi terhadap lipstik
Menggunakan lipstik, lip gloss, dan produk kosmetik untuk bibir lainnya mungkin lebih berdampak buruk daripada manfaatnya.  

Lipstik mungkin mengandung beberapa bahan kimia yang mungkin membuat Anda alergi.  Bahan kimia ini bisa menyebabkan hiperpigmentasi pada bibir Anda.

2. Alergi terhadap pasta gigi yang mengandung mentol atau cengkeh.
Segala sesuatu yang bersentuhan dengan bibir Anda dapat berisiko mengubah warna kulit bibir Anda, termasuk pasta gigi.

Jika Anda tidak kecanduan rokok atau tidak sering menggunakan lipstik, Anda mungkin alergi terhadap beberapa bahan dalam pasta gigi Anda.

3. Kebiasaan menggigit bibir.
Menggigit atau menekan bibir dapat memperburuk kondisi bibir dan menyebabkan bibir hiperpigmentasi.  Selain itu, menjilat bibir juga menjadi penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah.

4. Lip balm berbahan dasar wewangian.
Sejumlah lip balm yang mengandung bahan dasar wewangian dapat tidak cocok untuk sejumlah orang sehingga lama kelamaan dapat mengubah warna pada bibir.  

5. Produk bibir berkualitas buruk, lipstik berwarna gelap atau lipstik matte.
Lipstik matte bisa semakin mengeringkan bibir karena menyerap minyak alami di sekitar mulut. Menggunakan produk yang dibuat dengan buruk pada bibir kita juga dapat memperburuk kondisi bibir.

6. Alergi obat.
Bibir gelap juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi obat.  Hentikan penggunaan obat dan konsultasikan dengan dokter jika bibir Anda terlihat berpigmen dibandingkan sebelumnya.

Berikut beberapa tips sederhana untuk mencerahkan bibir gelap Anda.

1. Jagalah agar diri Anda tetap terhidrasi. Kondisi seperti pencemaran lingkungan dan dehidrasi dapat menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, berpigmen, dan gelap.  

Itu sebabnya penting untuk minum air sebanyak yang Anda bisa.  Usahakan secara sadar untuk meminum setidaknya 8 gelas air setiap hari.

2. Makan banyak buah-buahan segar.
Makanlah buah-buahan segar dan sayuran dengan kandungan air tinggi seperti semangka, tomat, dan mentimun, untuk melembapkan bibir dan mencerahkan warna bibir.

3. Jangan mengigit bibir.
Saat bibir kita kering, kita cenderung menjilat atau menggigitnya.  Sebaiknya tindakan tersebut jangan lakukan, agar menjaga bibir tetap dalam kondisi sehat.

4. Oleskan pelembab
Para ahli menyarankan penggunaan pelembab alami seperti minyak almond untuk membantu memperbaiki warna kulit bibir Anda.

5. Ekstrak kunyit atau bit
Ekstrak kunyit atau bit dapat digunakan sebagai pewarna bibir alami.  Ini akan menjaga bibir tetap sehat dan mencerahkan warna bibir. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat