visitaaponce.com

Melihat Indonesia dengan Berjuta Potensi

Melihat Indonesia dengan Berjuta Potensi
Anak-anak di Merauke mengikuti pembelajaran secara daring.(Foto/Indra Dwiyana)


KEHADIRAN akses internet memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia di berbagai kalangan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Badan Aksesibilitas dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Bakti Kominfo) memperkuat infrastruktur telekomunikasi melalui proyek Palapa Ring yang membangun jaringan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 12.229 kilometer. Pembangunan jaringan serat optik nasional tersebut menjangkau 54 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui hasil pembangunan tersebut, Media Indonesia dan Metro TV bekerja sama dengan Bakti Kominfo melakukan perjalanan bertajuk ‘Bakti untuk Negeri Ekspedisi Sabang, Miangas, Rote dan Merauke’.

Perjalanan tersebut untuk melihat secara langsung pemanfaatkan akses internet dan dampaknya bagi masyarakat di empat daerah itu, seraya menghadirkan potensi keindahan alam, budaya dan kekayaan alam daerah yang masuk kategori terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Ekspedisi lintas provinsi ini akan menghadirkan liputan terkait manfaat dari akses internet cepat dari proyek Palapa Ring.

Suasana kepulauan Weh dilihat dari Kota Sabang. (Foto/Rosa Panggabean)

Perjalanan di mulai dari ujung barat Indonesia, tepatnya di titik nol kilometer Kota Sabang. Selain menyaksikan pesona yang indah, di kota ini tim ekspedisi juga melihat pengaruh internet cepat di masyarakat, yang antara lain pada sektor pariwisata, pertanian (budi daya kakao), dan lainnya.

Setelah itu, di ‘Tanah Mutiara Hitam’, Papua, Tim Bakti Untuk Negeri Ekspedisi Sabang, Miangas, Rote dan Merauke langsung menuju Jayapura. Di sini, tim ekspedisi merekam semangat anak-anak melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan para ibu rumah tangga yang menjadi penggerak ekonomi dengan memanfaatkan internet cepat.

Ketika mengeksplor pulau terdepan di selatan Indonesia, Pulau Rote, Tim Bakti Untuk Negeri Ekspedisi Sabang, Miangas, Rote dan Merauke menyaksikan ­upaya tenaga gizi Puskesmas Sonimau menggunakan internet untuk pengadaan vitamin A untuk anak-anak.

Selain itu, menyaksikan langsung manfaat internet oleh para perajin lokal yang menjual hasil karya mereka melalui media sosial.

Pada perjalan di pulau paling utara Indonesia, Miangas, Tim ekspedisi menyaksikan pemandangan eksotis di sepanjang perjalanan 30 jam dari Me­longuane, ibu kota Taulud. Di sini memang jalur transportasi laut menjadi urat nadi penghubung semua sendi kehidupan masyarakat Kabupaten Taulud, yang 94.5% adalah lautan.

Meskipun jauh di utara, akses komunikasi di Miangas sangat baik. Akses wifi internet yang disediakan Bakti Kominfo, memberikan kemudahan komunikasi dan menunjang berbagai bidang kehidupan, seperti pendidikan dan ekonomi.

Perjalanan Tim Bakti Untuk Negeri Ekspedisi Sabang, Miangas, Rote dan Merauke dapat Anda saksikan di Metro TV dan Medcom.id. (per/S1-25)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat